Marques Bolden Jadi Penyempurna Puzzle Indonesia

Bolden lengkapi permainan Indonesia

Jakarta, IDN Times - Indonesia tampil ciamik dalam laga perdana FIBA Asia Cup 2022. Bertempat di Istora Senayan, Selasa (12/7/2022), skuad Merah Putih berhasil menumbangkan Arab Saudi. Marques Bolden jadi sorotan di laga ini.

Bolden berhasil mencetak 32 poin dan 16 rebound di laga ini. Dia juga berkontribusi besar dalam pertahanan dengan mencatatkan tujuh blok. Pengaruh Bolden di lapangan diakui oleh penggawa Indonesia, Arki Dikania Wisnu.

1. Bolden sempurnakan puzzle Indonesia

Marques Bolden Jadi Penyempurna Puzzle IndonesiaMarques Bolden di FIBA Asia Cup 2022. (IDN Times/Tata Firza)

Arki berujar, Indonesia sejak beberapa tahun lalu membutuhkan center yang kuat. Nah, hadirnya Bolden seolah jadi jawaban bagi Indonesia. Dia adalah penyempurna puzzle tim Merah Putih.

"Marques Bolden adalah bagian dari penting di laga ini. Dia adalah kepingan yang hilang dari tim kami dalam beberapa tahun terakhir. Dia melengkapi apa yang hilang dari kami pekan lalu," ujar Arki dalam sesi jumpa pers selepas laga.

Baca Juga: Marques Bolden Jadi Pembeda Buat Indonesia, Arab Kelimpungan

2. Bolden membuat pertahanan dan serangan Indonesia kuat

Marques Bolden Jadi Penyempurna Puzzle IndonesiaMarques Bolden di FIBA Asia Cup 2022. (IDN Times/Tata Firza)

Berkat kehadiran Bolden, ada banyak aspek yang meningkat dari permainan Indonesia, termasuk dalam segi pertahanan dan serangan. Dari segi pertahanan, Bolden bisa membantu Derrick Michael dan Vincent Kosasih memenangkan defensive rebound.

Sedangkan saat menyerang, Bolden bisa memberikan kenyamanan di paint area. Dia mampu melakukan dunk dan clutch yang pada akhirnya membuat Indonesia meraih poin-poin penting. Dia mampu bersaing dengan center lawan.

"Ditambah Derrick dan Vincent, Bolden membuat kami kuat secara pertahanan dan serangan. Saat bertahan dia bisa membantu Derrick melawan big man tim lawan, dan saat menyerang bisa cetak poin. Dia punya peran penting di tim ini," ujar Arki.

3. Kekuatan Bolden diakui Arab Saudi

Marques Bolden Jadi Penyempurna Puzzle IndonesiaMarques Bolden di FIBA Asia Cup 2022. (IDN Times/Tata Firza)

Kualitas Bolden pun sampai diakui oleh pelatih Arab Saudi, Mohamed Youssef Elkerdany. Bolden bahkan membuat strategi zone defense Arab kacau balau. Sebab ketika dia dijaga, para pemain Indonesia yang lain justru berkembang.

"Kami menerapkan zone defense untuk membatasi gerakan Marques Bolden di paint area, agar memberikannya tekanan juga. Namun, para pemain Indonesia lain justru dapat momentum, dan itu jadi sebuah kesulitan tersendiri buat kami," ujar Elkerdany.

Baca Juga: Balas Dendam, Indonesia Sikat Arab Saudi di FIBA Asia Cup 2022

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya