Masa Depan Marquez Tergantung Hasil MotoGP 2023

Honda ingin Marquez bertahan

Jakarta, IDN Times - Manajer Repsol Honda, Alberto Puig, menyatakan MotoGP 2023 begitu penting bagi timnya. Sebab, itu akan berkaitan dengan masa depan Marc Marquez bersama tim.

"Kami paham, jika tidak memberikan Marquez motor yang bisa membawanya meraih gelar juara, bisa kehilangannya. Hasil musim ini akan menentukan masa depan Marquez bersama Honda," ujar Puig, dilansir Motosan.

1. Marquez tahu betul motor Honda

Masa Depan Marquez Tergantung Hasil MotoGP 2023Marc Marquez dan Alberto Puig (motogp.com)

Puig merasa Marquez merupakan tokoh sentral Honda karena paham karakter motor tim. Alhasil, dia juga yakin Marquez akan tahu apakah motor yang diberikan padanya oleh Honda itu motor juara atau tidak.

"Marc adalah pembalap yang tahu betul Honda. Dia tidak akan berhenti sampai kami memberinya motor yang bisa membawanya juara. Entah kapan itu. Namun, kami ingin dia tetap tinggal bersama kami," ujar Puig.

Baca Juga: Akan Seperti Apa Marc Marquez di MotoGP 2023 Nanti?

2. Marquez bakal sedikit berbeda

Masa Depan Marquez Tergantung Hasil MotoGP 2023Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez bersiap menuju lintasan pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022) (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Tiga tahun terakhir jadi masa turbulensi bagi Marquez. Apalagi, dia mengalami cedera berat yang mengharuskannya absen dalam waktu lama, plus menjalani banyak operasi. Alhasil, Puig yakin Marquez akan sedikit berbeda di MotoGP 2023.

"Bukan berarti Marquez akan jadi lebih lamban, berhati-hati, dan tidak terlalu agresif. Hanya saja, dia sudah menjelaskan akan sedikit berbeda dibandingkan sebelum cedera," ujar Puig.

3. Marquez jadi lebih bijaksana

Masa Depan Marquez Tergantung Hasil MotoGP 2023Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez mempersiapkan diri turun ke lintasan saat hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022) (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Puig juga melihat, Marquez sekarang sudah jauh lebih bijaksana. Wajar, karena pembalap asal Spanyol itu sudah berusia 30 tahun, dan berpengalaman, terutama dalam tiga tahun terakhir.

"Marquez sudah tahu betul, apa yang mesti dilakukan di trek, kapan harus mengambil risiko, dan berhati-hati. Jelang MotoGP 2023, dia jauh lebih bijak," ujar Puig.

Baca Juga: Marc Marquez Akui Honda Masih Jauh dari Podium

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya