Masalah Hantui Valentino Rossi dan Franco Morbidelli di MotoGP Losail

Masalah ini berpengaruh terhadap hasil balap 

Jakarta, IDN Times - MotoGP 2021 perdana di Sirkuit Losail semestinya berakhir manis bagi Petronas Yamaha. Apalagi, mereka juga diperkuat oleh Valentino Rossi, yang untuk pertama kalinya sejak 2005, kembali membela tim satelit. Namun, kadang harapan memang jauh dari kenyataan.

Dalam seri perdana MotoGP, Rossi dan Morbidelli meraih hasil yang kurang memuaskan. Keduanya terlempar dari peringkat 10 besar hasil akhir balapan di Losail. Rossi menduduki peringkat 12, sedangkan Morbidelli bertengger di peringkat 18.

Apa sebenarnya yang terjadi pada kedua pembalap tersebut? Ternyata, ada masalah yang akhirnya membuat Rossi dan Morbidelli gagal raih hasil apik di Losail.

1. Rossi bermasalah dengan ban motornya

Masalah Hantui Valentino Rossi dan Franco Morbidelli di MotoGP LosailPixabay.com/Giant Vanco Debei

Selepas balapan, Rossi mengungkapkan bahwa ada masalah yang kerap menghantui motornya selama kualifikasi. Masalah itu berkaitan dengan ban motornya yang kerap kehilangan cengkraman ketika balapan. Hal itu berpengaruh terhadap kecepatan motornya.

"Kami sebenarnya sudah mencoba sesuatu, namun nyatanya kami belum mengatasi masalah soal ban tersebut. Ban yang kami pakai acap kehilangan cengkraman, dan akhirnya setelah beberapa lap, saya sadar bahwa motor saya tidak terlalu cepat," ujar Rossi, dilansir Crash.

Baca Juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Qatar 2021: Bagnaia Terdepan, Rossi Keempat

2. Morbidelli bermasalah dengan suspensi dan mesin motor

Masalah Hantui Valentino Rossi dan Franco Morbidelli di MotoGP LosailIlustrasi MotoGP (motogp.com).

Sementara itu, masalah yang dialami Morbidelli sedikit lebih pelik. Jika Rossi bermasalah pada ban, Morbidelli mengalami masalah pada mesin motor. Tidak cuma itu, masalah suspensi juga menghantui motor Morbidelli di balapan perdana Losail ini.

"Ini (masalah mesin dan suspensi) harus segera diatasi, karena hal ini juga kerap terjadi di beberapa momen. Apalagi, saat balap kemarin, saya memang sudah merasa ada yang salah dengan motor saya. Akhirnya, hasil balapan saya pun jelek," ujar Morbidelli.

"Ya, jujur saya katakan, masalah mesin ini benar-benar memengaruhi balapan saya. Kami akan sesegera mungkin memahami dan menyelesaikan masalah ini," lanjut dia.

3. Hasil lengkap GP Losail 2021

Masalah Hantui Valentino Rossi dan Franco Morbidelli di MotoGP Losailmotoamerica.com

Di ajang GP perdana 2021 ini, Maverick Vinales jadi pemenang di Losail. Pembalap asal Spanyol itu sukses mengungguli pembalap-pembalap lain seperti Johann Zarco dan Francesco Bagnaia.

Sementara itu, juara bertahan MotoGP 2020, Joan Mir, harus puas berada di posisi keempat. Fabio Quartararo bertengger di posisi kelima. Stefan Bradl, pembalap pengganti Marc Marquez, duduk di posisi 11.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem MotoGP Qatar Jadi Musuh Besar Valentino Rossi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya