Max Gunther yang Paripurna di Formula E 2023 Jakarta

Gunther jadi penguasa Formula E Jakarta selanjutnya

Jakarta, IDN Times - Jika ada pembalap yang apik di gelaran Formula E 2023 Jakarta, dia adalah Maximilian 'Max' Gunther. Pembalap asal Jerman itu menunjukkan penampilan paripurna di gelaran Gulavit Jakarta E-Prix 2023.

Dalam seri dua Formula E 2023 Jakarta yang dihelat di AGI Jakarta International E-Prix Circuit, Minggu (4/6/2023), Gunther sukses finis di posisi pertama, mengungguli Jack Dennis dan Mitch Evans. Hasil ini membayar torehan buruk di seri pertama.

Tidak cuma itu, hasil ini menegaskan bahwa Gunther memang rajanya Formula E di Jakarta, setidaknya pada 2023. Sejak sesi latihan bebas, dia memang sudah prima.

Baca Juga: Pembalap Formula E: Panasnya Jakarta kayak Lagi Sauna

1. Cerminan dominasi Gunther di sesi latihan bebas pertama

Max Gunther yang Paripurna di Formula E 2023 JakartaMax Gunther, pembalap Formula E. (fiaformulae.com)

Sejak sesi latihan bebas pertama pada Jumat (2/6/2023), Gunther memang sudah menunjukkan dominasinya. Dia selalu jadi yang tercepat mengungguli pembalap-pembalap lain.

Di sesi latihan bebas pertama, Gunther mencatatkan waktu satu menit 9,786 detik. Lanjut di sesi latihan bebas kedua, dia menorehkan catatan waktu 1 menit 8,329 detik.

Berlanjut ke sesi latihan bebas ketiga, Gunther kembali jadi yang tercepat. Dia menorehkan catatan waktu 1 menit 7.552 detik. Catatan waktunya ini jadi yang tercepat selama dua seri gelaran Formula E 2023 Jakarta.

Baca Juga: Kualifikasi Seri 2 Formula E 2023 Jakarta: Gunther Pole Lagi

2. Berkuasa juga di babak kualifikasi

Max Gunther yang Paripurna di Formula E 2023 JakartaGelaran Formula E 2023 di Jakarta. (IDN Times/Tata Firza)

Di babak kualifikasi, Gunther juga menunjukkan kuasanya. Di kualifikasi seri pertama, dia dominan sejak babak grup dengan menjuarai Grup B. Dia kemudian menang terus di fase gugur kualifikasi, hingga mengunci pole position.

Situasi serupa juga terjadi di kualifikasi seri kedua. Kembali jadi pemuncak Grup B, Gunther terus melaju di fase gugur dan akhirnya mengunci pole position. Di babak final kualifikasi, dia mengalahkan lawan yang sama, yaitu Jake Dennis.

Baca Juga: Akhirnya, Max Gunther Berjaya di Formula E 2023 Jakarta

3. Paripurna di balapan seri kedua

Max Gunther yang Paripurna di Formula E 2023 JakartaGelaran Formula E 2023 di Jakarta. (IDN Times/Tata Firza)

Setelah dominasinya terhenti oleh Pascal Wehrlein di balapan seri pertama, Gunther tidak menyerah. Di balapan sesi kedua, dia sukses tancap gas dan mengungguli Dennis serta Evans. Dia pun mengakhiri perjalanan di Jakarta dengan posisi pertama.

Torehan Gunther pun jadi sesuatu yang bersejarah. Pasalnya, selain jadi posisi pertamanya sepanjang musim 2023, catatan ini juga memutus torehan buruk Maserati Racing, yang tak pernah finis pertama sejak 1957.

Alhasil, saat ditemui selepas balapan, Gunther pun tak kuasa menutupi rasa bahagianya. Senyum selalu tersungging, dan sesekali tawa renyah keluar dari mulut dan juga bibirnya.

"Tentu saya bahagia dengan capaian saya dan tim di balapan ini, akhir pekan yang sempurna, setelah kemarin kami sempat gagal finis pertama meski dominan di semua sesi. Kini saya merasa senang dengan capaian tim," ujar Gunther.

Setelah Mitch Evans dan Pascal Wehrlein, Max Gunther pun sukses menahbiskan dirinya sebagai penguasa Formula E 2023 Jakarta.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya