Mengenang Kimi Raikkonen di Formula 1

Kimi Raikkonen adalah sosok yang tenang

Jakarta, IDN Times - Formula 1 kehilangan sosok legendaris. Sama seperti MotoGP yang kehilangan Valentino Rossi yang pensiun per musim 2021, ajang balap mobil paling tersohor se -dunia itu juga resmi kehilangan Kimi Raikkonen per musim depan.

Setelah berkarier selama 21 tahun, dengan 349 balapan yang sudah dilalui, Raikkonen akhirnya memutuskan untuk menepi dari Formula 1. Balapan di Sirkuit Yas Marina, menjadi balapan terakhir Raikkonen di ajang Formula 1. Musim depan, dia resmi pensiun.

Untuk mengenang Raikkonen, berikut kami menyajikan untuk kamu momen-momen indah selama dia berkarier di Formula 1. Berikut adalah momen-momennya.

Baca Juga: Kimi Raikkonen Putuskan Pensiun dari Formula 1 Akhir Musim 2021

1. 2001, tahun pertama Raikkonen di Formula One

Mengenang Kimi Raikkonen di Formula 1twitter.com/KimsterIndo

Tahun 2001 menjadi momen pertama kalinya Raikkonen menginjakkan kaki di Formula 1. Setelah bergulat di event-event seperti Formula Ford maupun Formula Renault, sosok asal Finlandia itu akhirnya mencicipi Formula 1. Dia bergabung dengan tim Red Bull Sauber Petronas.

Pada musim perdananya di Formula 1 ini, Raikkonen belum mendapatkan hasil apik. Dia harus rela finis di posisi ke-10, dari 17 balapan yang dia lalui. Prestasi Raikkonen baru meningkatkan ketika dia memutuskan pindah ke West McLaren Mercedes.

2. Juara Formula 1 pada 2007

Mengenang Kimi Raikkonen di Formula 1Kimi Raikkonen saat balapan GP Inggris (formula1.com)

Dalam rentang waktu 2002 sampai 2006, Raikkonen mulai menegaskan diri sebagai salah satu pembalap potensial di Formula 1. Bersama McLaren Mercedes, dia sempat dua kali menjadi runner-up, yakni pada 2003 dan 2005. Pada 2007, Raikkonen mencapai puncak.

Membelot ke Scuderia Ferrari Marlboro, Raikkonen berhasil merengkuh gelar juara Formula 1 perdananya. Ketika itu, Raikkonen berhasil mengungguli Fernando Alonso dan Lewis Hamilton dengan selisih satu poin. Raikkonen memang tampil ciamik di musim tersebut. Dia 12 kali naik podium.

Baca Juga: Kimi Raikkonen Minta Alfa Romeo Bangkit Perbaiki Performa

3. Mendapat julukan Iceman

Mengenang Kimi Raikkonen di Formula 1Kimi Raikkonen saat bersiap jelang balapan (formula1.com)

Mantan bos McLaren, Ron Dennis, memiliki julukan unik bagi Raikkonen. Julukan itu adalah Iceman. Sebutan ini diberikan kepadanya karena dua hal: Raikkonen berasal dari Finlandia yang dingin, plus dia memang dikenal sebagai sosok yang tenang dan tidak temperamental.

Bahkan, saking tenangnya Kimi Raikkonen, dia disebut sempat tidur 30 menit jelang sesi balapan Formula 1 dimulai. Kini, semua hal ini tinggal kenangan, karena Raikkonen sudah memutuskan untuk pensiun. Sang Iceman memilih untuk menepi dari dunia yang membesarkan namanya.

Baca Juga: 10 Kemenangan Terbaik Kimi Raikkonen, Juara Dunia Terakhir Ferrari

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya