Menko PMK: Atlet Indonesia Lampaui Target di ASEAN Para Games 2022

Menko PMK senang dengan raihan Indonesia

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, senang dengan prestasi yang diperoleh atlet Indonesia di ajang ASEAN Para Games 2022. Dia kagum karena Indonesia berhasil melampaui target.

"Saya kagum dan bangga karena targetnya di luar ekspektasi kita bersama, melampaui target yang telah Indonesia tetapkan. Saya kira suatu yang bagus bagi atlet kita ke depannya," kata Muhadjir, dalam keterangan resminya, Minggu (7/8/2022).

1. Muhadjir berharap Indonesia bisa mempertahankan prestasi

Menko PMK: Atlet Indonesia Lampaui Target di ASEAN Para Games 2022Gelaran ASEAN Paragames 2022 yang tuntas. (Dok. Kemenko PMK)

Muhadjir berharap, atlet-atlet Indonesia bisa mempertahankan prestasinya dalam ajang-ajang selanjutnya. Bahkan, dia juga berharap raihan Indonesia bisa lebih baik lagi di beberapa kancah olahraga internasional lainnya.

"Harapannya di ASEAN Para Games 2023 nanti, tepatnya di negara Kamboja, atlet kita mudah-mudahan bisa lebih baik dari tahun ini," kata Muhadjir.  

Baca Juga: Jokowi Tutup ASEAN Para Games, Kamboja Jadi Tuan Rumah 2023

Baca Juga: Indonesia Juara Umum ASEAN Paragames 2022

2. ASEAN Para Games 2022 resmi ditutup

Menko PMK: Atlet Indonesia Lampaui Target di ASEAN Para Games 2022Gelaran ASEAN Paragames 2022 yang tuntas. (Dok. Kemenko PMK)

ASEAN Para Games 2022 secara resmi ditutup oleh Presiden Indonesia, Joko 'Jokowi' Widodo di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah pada Sabtu (6/8/2022). Jokowi sangat mengapresiasi Indonesia dapat menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022. 

"Indonesia sangat bangga menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022 ini. Terima kasih atas partisipasi 1.248 atlet dari negara-negara ASEAN. Terima kasih telah memberi pesan bahwa keterbatasan dan kesulitan bukanlah halangan," ujar Jokowi. 

3. ASEAN Para Games bentuk solidaritas antar negara

Menko PMK: Atlet Indonesia Lampaui Target di ASEAN Para Games 2022Gelaran ASEAN Paragames 2022 yang tuntas. (Dok. Kemenko PMK)

Jokowi juga mengatakan, ajang olahraga tersebut merupakan bentuk solidaritas negara-negara di ASEAN dan mendukung seluruh upaya penyandang difabel untuk membuat prestasi. Selanjutnya, ASEAN Para Games akan digelar di Kamboja pada 2023.

"Solidaritas bangsa-bangsa ASEAN yang ditunjukkan oleh para atlet akan menjadi kekuatan besar bagi ASEAN dan bagi penyandang difabel. Kita mendukung terus inisiatif dari penyandang difabel, kita sukseskan ASEAN Para Games tahun depan di Kamboja," ujar Jokowi.

Indonesia dipastikan menjadi juara umum ASEAN Para Games 2022 dengan perolehan 177 medali emas, 141 perak, dan 110 perunggu.

Hasil ini merupakan kali ketiga Indonesia menjadi juara umum ASEAN Para Games setelah 2014 di Myanmar dan 2017 di Malaysia.

Baca Juga: Bengkel Servis Kursi Roda Laris Manis saat ASEAN Para Games 2022

Baca Juga: Harga Prangko ASEAN Para Games 2022 dan Prajurit Keraton Solo Rp5 Ribu

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya