Comscore Tracker

Menpora Apresiasi Wushu Indonesia yang Tetap Gelar Kompetisi

Wushu tetap menggelar kejuaraan di tengah pandemik

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali, mengapresiasi Ketua Umum PB Wushu Indonesia, Airlangga Hartarto. Dia salut karena wushu tetap bisa menggelar kompetisi di tengah pandemik COVID-19, dalam tajuk Indonesia Wushu All Games 2021.

"Kami menyambut baik, dalam catatan Kemenpora Wushu adalah cabor yang melaksanakan kompetisi secara terus menerus walaupun dalam situasi pandemik COVID-19, kalau tidak salah ini yang ketiga," ujar Zainudin dalam keterangan resminya.

1. Zainudin juga salut dengan modifikasi yang dilakukan wushu

Menpora Apresiasi Wushu Indonesia yang Tetap Gelar KompetisiAirlangga Hartarto saat acara pembukaan Indonesia Wushu All Games 2021. (dok. Pribadi/Ketum Wushu Airlangga Hartarto)

Ketika cabang olahraga (cabor) lain tidak melakukan lomba atau kegiatan ketika pandemik COVID-19, PB Wushu Indonesia justru melakukan hal berbeda. Ragam modifikasi mereka lakukan, semata-mata untuk menjaga kondisi atlet agar atlet bisa berkompetisi.

"Modifikasi-modifikasi suasana dan situasi terus dilakukan oleh PB Wushu, dan ini luar biasa," tutur Zainudin.

Baca Juga: 13 Atlet Bali Siap Tempur di Indonesia Wushu All Games 2021

2. Wushu siap bangun training camp sendiri

Menpora Apresiasi Wushu Indonesia yang Tetap Gelar KompetisiAirlangga Hartarto saat acara pembukaan Indonesia Wushu All Games 2021. (dok. Pribadi/Ketum Wushu Airlangga Hartarto)

Ketua Umum PB Wushu Indonesia, Airlangga Hartarto, menyebut pihaknya berencana membangun tempat pelatihan sendiri. Hal itu dilakukan dalam rangka menjaga konsentrasi dan prestasi para atlet. Zainudin pun menyambut bahagia rencana PB Wushu.

"Saya terima kasih karena tadi Ketua Umum menyampaikan akan membangun Traning Camp sendiri. Keinginan Ketua Umum disambut Pak Gubernur DKI, terima kasih Pak Ketua Umum terima kasih Pak Gubernur DKI, kehadiran saya malam ini tidak sia-sia karena beban saya jadi ringan," ujar Zainudin.

3. Cita-cita agar wushu bisa dipertandingkan di Olimpiade

Menpora Apresiasi Wushu Indonesia yang Tetap Gelar KompetisiAtlet Wushu Jateng Yofan dan Ardhya Nugroho Jati beraksi pada final Wushu Taolu kategori Duilian Putra PON Papua 2021 di Gor Futsal Dispora, Kabupaten Merauke, Papua, Minggu (3/10/2021). Tim Wushu Jateng meraih medali perak pada pertandingan tersebut. (ANTARA/Galih Pradipta)

Saat ini, ada satu cita-cita yang tengah digemakan oleh Indonesia dan juga negara-negara lain di dunia, yaitu agar wushu bisa segera dipertandingkan di Olimpiade. Zainudin pun berharap, pada 2032 nanti, wushu sudah bisa hadir di pesta olahraga paling akbar se-dunia tersebut.

"Cita-cita 2032 sebagaimana disampaikan Ketua Umum bahwa Wushu bisa dipertandingkan di Olimpiade. Jika Wushu dipertandingkan di Olimpiade saya yakin akan menyumbangkan medali emas untuk Indonesia," ujar Zainudin.

Baca Juga: Unggahan Jojo soal Bonus Piala Thomas Tuai Polemik, Menpora Bereaksi

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya