Menpora Kena Semprot Usai Merah Putih Tak Berkibar di Piala Thomas

Menpora dikecam oleh warganet akibat insiden ini

Jakarta, IDN Times - Indonesia sukses menjuarai Piala Thomas 2020. Bersua China dalam partai final yang dihelat di Ceres Arena, Aarhus, Minggu (17/10/2021), Indonesia menang dengan skor 3-0.

Namun, di balik kemenangan Indonesia, ada kenyataan pahit yang harus diterima. Alih-alih bendera Merah-Putih, justru logo PBSI yang berkibar di tengah lantunan lagu Indonesia Raya. Sontak, hal tersebut mengundang tanya dan kecam dari para warganet.

Alhasil, kata Menpora dan PBSI pun langsung trending di twitter. Mereka ramai-ramai mempertanyakan soal kapabilitas Menpora dan PBSI, sampai-sampai Merah-Putih tidak bisa berkibar.

1. Warganet kecam dan sindir Menpora

Menpora Kena Semprot Usai Merah Putih Tak Berkibar di Piala ThomasMenpora Zainudin Amali. (Dok. Kemenpora)

Lini masa twitter penuh dengan kecaman dan hujatan kepada Menpora Zainudin Amali akibat tidak berkibarnya Merah-Putih di Aarhus. Namun, ada juga sebuah akun bernama @jehianps bahkan mengucapkan sindiran singkat, tetapi mengena pada Senin (18/10/2021) pagi.

"Selamat pagi buat semua kecuali Menpora," cuit akun tersebut.

Sebuah akun bernama @hipohan juga melakukan sindiran halus kepada Zainudin. Menurutnya, dengan insiden gagalnya Merah-Putih berkibar ini, masyarakat jadi tahu Zainudin, bukan Luhut Binsar Pandjaitan.

"Kena hukuman Badan Anti Doping Dunia (WADA), krn tidak kirim sampel, maka Indonesia kena sanksi tidak boleh kibarkan bendera merah putih meski menjadi juara Thomas Cup. Apa hikmahnya ? Masyarakat jadi tahu bahwa nama Menpora adalah Zainudin Amali dan ternyata bukan Luhut," cuit akun tersebut.

Intinya, banyak kecaman dan sindiran yang dialamatkan bagi Menpora. Intinya, mereka tidak puas dan mempertanyakan kenapa hal seperti ini bisa terjadi.

Baca Juga: Sejarah Piala Thomas dan Uber 

2. Taufik Hidayat kecam Menpora dan LADI

Menpora Kena Semprot Usai Merah Putih Tak Berkibar di Piala ThomasANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Tunggal putra legendaris Indonesia, Taufik Hidayat, juga melayangkan kecaman keras kepada pemerintah, Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI), KONI, dan KOI, soal tidak berkibarnya bendera Indonesia di Aarhus. Dia pun mempertanyakan kinerja semua lembaga tersebut.

"Ada apa dengan LADI dan pemerintah kita? Khususnya Menpora Koni dan Koi? Kerjamu selama ini ngapain aja? Bikin malu negara indonesia aja. Jangan ngarep jadi tuan rumah Olympic or Piala Dunia, urusan kecil aja gak bisa beres," kecam Taufik.

3. Meski juara Piala Thomas, bendera Indonesia tidak berkibar

Menpora Kena Semprot Usai Merah Putih Tak Berkibar di Piala ThomasLogo PBSI. (badmintonindonesia.org).

Tim beregu putra Indonesia berhasil memenangkan gelar juara Piala Thomas 2020. Sayangnya, Merah-Putih tak berkibar di di Ceres Arena, Aarhus, Denmark pada Minggu (17/10/2021) malam. Sebagai gantinya, bendera PBSI yang berkibar.

Indonesia memang sedang dalam masa hukuman setelah Badan Anti-Doping Dunia (WADA) menyebut Indonesia tidak patuh lantaran tak menerapkan program pengujian yang efektif kepada setiap atlet di seluruh cabang olahraga. Alhasil, Merah-Putih tidak berkibar di Piala Thomas.

Baca Juga: Merah Putih Tak Berkibar di Piala Thomas, Taufik Hidayat: Bikin Malu!

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya