Menuju MotoGP 2023, Aprilia Siapkan Sesuatu yang Baru 

Aprilia sedang mencoba teknologi baru

Jakarta, IDN Times - Jelang bergulirnya MotoGP 2023, semua tim tengah mempersiapkan diri untuk meraih sesuatu yang baik di akhir musim nanti. Aprilia termasuk salah satu yang tim yang turut melakukan persiapan.

Dilansir Motosan, Aprilia tengah mempersiapkan sesuatu yang baru. Menggaet mantan teknisi Formula 1, Massimo Rivola dan Marco de Luca, pabrikan asal Italia itu mencoba memasukkan teknologi Formula 1 ke dalam MotoGP.

1. Aprilia coba masukkan teknologi S-Duct

Menuju MotoGP 2023, Aprilia Siapkan Sesuatu yang Baru Aprilia (aprilia.com)

Dalam dua hari sesi tes MotoGP di Sepang, 5 dan 6 Januari 2023, Aprilia menerapkan teknologi S-Duct di motor mereka. Di ajang Formula 1, teknologi ini bukan sesuatu yang baru.

Teknologi ini dikembangkan sedekade silam di Formula 1 oleh para teknisi Ferrari. Nah, salah satu teknisi yang mengembangkan itu adalah De Luca. Setelah dihukum FIA pada 2009, dia kini mencoba peruntungan di MotoGP bersama Aprilia.

Baca Juga: Aleix Espargaro Beberkan Apa yang Dibutuhkan Aprilia pada MotoGP 2023

2. Apa keuntungan dari teknologi ini?

Menuju MotoGP 2023, Aprilia Siapkan Sesuatu yang Baru Mobil Ferrari selesai melakukan pit stop di GP Bahrain 2022. (ferrari.com)

S-Duct, atau S-shaped duct, adalah sebuah saluran yang membuat udara lebih mudah masuk ke dalam motor. Hadirnya udara ini membuat motor akan lebih rapat berada di atas lintasan, dengan peluang terpelanting yang menurun.

Selain itu, teknologi ini juga nantinya akan membuat motor lebih apik saat menikung, plus bisa menambah top speed saat berada di lintasan lurus. Dengan teknologi ini, akselerasi motor bisa ditingkatkan.

3. Belum menunjukkan hasil ciamik

Menuju MotoGP 2023, Aprilia Siapkan Sesuatu yang Baru pembalap Aprilia Aleix Espargaro (sport.sky.it)

Meski sudah menerapkan teknologi baru, Aprilia belum terlalu ciamik di tes MotoGP 2023 Sepang ini. Lorenzo Savadori, pembalap Aprilia, hanya mampu jadi yang terbaik ketujuh, di bawah Michele Pirro dan Stefan Bradl.

Ke depan, mari kita perhatikan, apakah teknologi S-Duct yang akan diterapkan Aprilia ini akan jadi revolusi terbaru di MotoGP 2023, atau, akankah dia hanya menjadi percobaan gagal lain dari pabrikan asal Italia tersebut?

Baca Juga: Bos Aprilia Racing Mengidamkan Pembalap asal Italia di Timnya

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya