Mobil Verstappen Nyaris Gilas Hamilton di GP Italia, Seram!

Verstappen dapat penalti akibat insiden ini.

Jakarta, IDN Times - Insiden menyeramkan terjadi dalam ajang Formula 1 (F1) GP Italia di Sirkuit Monza, Minggu (12/9/2021). Dua pembalap yang kini tengah merajai F1, Max Verstappen dan Lewis Hamilton, bertabrakan hingga akhirnya berbuntut panjang.

Insiden ini terjadi pada lap 26, tepat beberapa saat setelah Hamilton meninggalkan pit stop. Tepat di tikungan dekat area pit stop, keduanya bertabrakan. Bahkan, Hamilton hampir terlindas oleh mobil Verstappen, yang memantul setelah terkena pembatas aspal sirkuit.

Tabrakan ini membuat hubungan Verstappen dan Hamilton, yang memang sedang bersaing untuk memuncaki klasemen sementara pembalap F1 2021, makin runcing.

1. Verstappen salahkan Hamilton atas insiden ini

Mobil Verstappen Nyaris Gilas Hamilton di GP Italia, Seram!Pembalap Red Bull Max Verstappen dan pembalap Mercedes Lewis Hamilton terlibat tabrakan saat balapan F1 GP Monza di Autodromo Nazionale Monza, Monza, Italia (12/9/2021). Pembalap McLaren Daniel Ricciardo berhasil menjadi juara pada balapan tersebut. ANTARA FOTO/REUTERS/Jennifer Lorenzini.

Verstappen menyalahkan Hamilton atas insiden ini. Dia sebenarnya sudah memprediksi akan ada singgungan dengan Hamilton di dekat pit stop. Namun, dia tidak menyangka tabrakan yang terjadi separah itu.

"Saya mencoba menyusul dari sisi luar. Namun, Hamilton tiba-tiba menutup jalan dan terus mendorong saya. Dia terus mendorong saya, meski tidak harus melakukan itu. Ruang saya makin sempit, hingga akhirnya kami bertabrakan. Itu memang tak terelakkan," ujar Verstappen, dilansir Autosport.

Baca Juga: F1: Ketegangan Max Verstappen dan Lewis Hamilton di GP Inggris

2. Hamilton serang Verstappen

Mobil Verstappen Nyaris Gilas Hamilton di GP Italia, Seram!Pembalap Red Bull Max Verstappen dan pembalap Mercedes Lewis Hamilton terlibat tabrakan saat balapan F1 GP Monza di Autodromo Nazionale Monza, Monza, Italia (12/9/2021). Pembalap McLaren Daniel Ricciardo berhasil menjadi juara pada balapan tersebut. ANTARA FOTO/REUTERS/Jennifer Lorenzini.

Sementara itu, Hamilton mengaku kecewa dengan sikap Verstappen. Setelah keduanya bertabrakan, alih-alih saling mengecek kondisi, Verstappen justru langsung keluar dari mobilnya dan berjalan meninggalkan sirkuit. Dia tidak mengecek kondis Hamilton sama sekali.

"Saya melihat Max (Verstappen) keluar dari mobil dan berjalan meninggalkan sirkuit. Saya terkejut, karena biasanya, ketika ada insiden terjadi, para pembalap akan saling mengecek kondisi masing-masing. Namun ya, akhirnya saya bisa keluar dari mobil dan menyelamatkan diri," ujar Hamilton.

3. Verstappen mendapatkan penalti di GP Rusia

Mobil Verstappen Nyaris Gilas Hamilton di GP Italia, Seram!twitter.com/F1

Gara-gara insiden ini, Verstappen dipastikan mendapatkan penalti di GP Rusia. Para steward yang bertugas menilai, Verstappen adalah pihak bersalah dalam insiden ini. Dia melakukan kesalahan karena terlalu memaksa menyusul dari sisi luar tikungan.

"Steward sudah melihat rekaman CCTV yang menunjukkan mobil nomor 44 (Hamilton) berusaha menghindari tepi sirkuit, meski pada akhirnya akibat gerakan ini, mobil nomor 33 (Verstappen) harus mengenai pembatas lintasan," ujar pernyataan resmi steward di Monza.

"Ketika mobil nomor 44 mulai menjauhi tepi sirkuit, justru mobil nomor 33 melakukan manuver berbahaya. Dari pandangan kami, mobil nomor 33 bersalah dalam insiden kali ini," lanjut mereka.

Dalam GP Rusia nanti, Verstappen bakal mendapatkan penalti tiga lap akibat insiden ini. Hal itu tentu diprediksi akan membuat persaingannya dengan Hamilton di F1 2021 ini semakin panas.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya