Comscore Tracker

MotoGP Doha: Insiden Singgungan Mir-Miller dan Perkasanya Quartararo

Mir hampir saja terjatuh

Jakarta, IDN Times - Hasil berbeda didapatkan oleh beberapa pembalap andalan di ajang MotoGP 2021 seri GP Doha, Minggu (4/4/2021). Ketika Fabio Quartararo mampu merangsek masuk podium, nasib sial justru dialami oleh juara bertahan MotoGP 2020, Joan Mir.

Seperti apa kesialan yang didapatkan Mir, serta bagaimana caranya Quartararo bisa melaju hingga menembus podium di Doha?

Baca Juga: Ada Anak Ajaib Muncul di MotoGP, Dari Posisi 14 Melesat ke 4

1. Mir dan Miller sempat bersinggungan

MotoGP Doha: Insiden Singgungan Mir-Miller dan Perkasanya Quartararomotogp.com

Insiden sempat terjadi antara Mir dan Jack Miller di lap ke-10, tepatnya di tikungan 10. Ketika itu, Mir berusaha menyalip Miller dari sisi dalam, dan memaksanya melebar. Mir yang sadar tindakannya salah dan membahayakan langsung mengayunkan kaki, pertanda meminta maaf.

Tetapi, alih-alih menerima permintaan maaf, Miller membalas aksi Mir dengan menyerobotnya, dan hampir mengakibatkan keduanya terjatuh dan keluar dari lintasan. Mir pun merasa bahwa tindakan Miller ini berbahaya dan layak mendapatkan penalti.

"Saya sadar gerakan itu berbahaya. Tetapi, di akhir tikungan, saya melihat Jack (Miller). Dia menggerakkan kepalanya dan saya langsung menuju sisi lintasan. Tiba-tiba, dia mendekati saya dan kami saling bersinggungan. Kami hampir saja bertabrakan. Itu benar-benar berbahaya," ujar Mir, dilansir Crash.

Mir meyakini tindakan berbahaya Miller disengaja. Meski begitu, Race Direction memutuskan tidak akan ada penalti yang diberikan kepada Miller. Suzuki juga berencana tidak akan mengajukan tuntutan kepada pihak MotoGP.

2. Quartararo naik podium, ungguli duo Pramac

MotoGP Doha: Insiden Singgungan Mir-Miller dan Perkasanya Quartararoiwanbanaran.com

Sementara itu, Quartararo meraih hasil apik dengan finis di pisisi pertama. Dia mengungguli duo Pramac, Johann Zarco dan Jorge Martin, yang masing-masing finis di posisi kedua serta ketiga.

Ini merupakan kemenangan perdana yang didapat oleh Quartararo di musim 2021. Tidak cuma itu, hasil ini juga jadi kemenangan keempat baginya sejak mulai membalap di kelas MotoGP, sekaligus melanjutkan hasil apik yang didapat Yamaha di musim 2021.

"Kemenangan ini memberikan saya rasa percaya diri yang lebih tinggi. Apalagi, saat tes semuanya terasa lebih sulit, karena para pembalap Ducati begitu cepat dan sulit mengalahkan mereka. Sekarang, saya siap menghadapi siapa saja," ujar Quartararo.

3. Quartararo samai raihan poin Vinales

MotoGP Doha: Insiden Singgungan Mir-Miller dan Perkasanya Quartararoinstagram.com/fabioquartararo20

Berkat hasil ini, Quartararo sukses menyamai raihan poin Maverick Vinales di klasemen sementara MotoGP 2021. Pembalap asal Prancis itu kini menorehkan 36 poin, selisih empat poin dari Johann Zarco yang masih jadi pemuncak klasemen sementara.

Sedangkan Joan Mir masih terlempar di peringkat keenam klasemen sementara MotoGP 2021. Mir baru menorehkan 22 poin, dan raihannya ini masih kalah dari Francesco Bagnaia serta Alex Rins.

Baca Juga: Masalah Hantui Valentino Rossi dan Franco Morbidelli di MotoGP Losail

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya