Naturalisasi 3 Atlet untuk Timnas Basket Dapat Lampu Hijau

Namun, ada catatan juga yang diberikan DPR

Jakarta, IDN Times - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI setuju menaturalisasi tiga atlet untuk memperkuat Timnas Basket Indonesia. Mereka adalah Dame Diagne, Serigne Modou Kane, dan Marques Terrel Boden.

Nantinya, ketiga atlet ini akan memperkuat Indonesia dalam dua ajang, yakni FIBA Asia Cup 2021 dan juga Piala Dunia Basket 2023 yang akan digelar di Jakarta, Okinawa, dan Manila. Menurut Gatot Dewa S Broto selaku Sesmenpora, proses naturalisasi ketiga atlet ini terbilang ketat.

"Mereka bertiga telah mengikuti proses naturalisasi yang sangat ketat. Terima kasih pada Pak Menpora, Pak Wamenkumham dan Pimpinan serta Anggota Komisi III atas upayanya sehingga dalam raker Pemerintah dengan pimpinan dan anggota Komisi III DPR RI telah menuntaskan proses naturalisasi ini," ujar Gatot dalam cuitannya di instagram.

1. DPR beri catatan terkait naturalisasi

Naturalisasi 3 Atlet untuk Timnas Basket Dapat Lampu HijauGoggle

Sakinah Aljufri, anggota DPR yang mewakili fraksi PKS, memberikan catatan terkait proses naturalisasi ini. Menurutnya, jangan sampai proses naturalisasi ini nantinya malah tidak menyumbang apa-apa dan menghambat kemunculan talenta-talenta baru di Indonesia.

"Proses naturalisasi ini hal yang wajar. Dengan catatan, sepak bola banyak naturalisasi namun belum menunjukkan prestasi atau nama baik Indonesia sesuai yang diharapkan. Tentunya dengan naturalisasi di bola basket ini kami harapkan ada peningkatan luar biasa, tidak hanya di event saja, tetapi jadi motivasi atlet lokal," ujar Sakinah dalam keterangan resminya.

Baca Juga: Timnas Basket Indonesia Dipastikan Terjun di FIBA Asia Cup 2021

2. Perbasi sudah siapkan Timnas elite muda

Naturalisasi 3 Atlet untuk Timnas Basket Dapat Lampu HijauIDN Times/Hasudungan

Sementara itu, Ketua Umum Perbasi, Danny Kosasih, mengungkapkan saat ini pihaknya memang menempuh jalur naturalisasi untuk percepatan prestasi, apalagi Timnas Basket akan tampil di FIBA Asia Cup 2021 dan Piala Dunia Basket 2023.

Namun, di sisi lain, Perbasi juga tetap menyiapkan Timnas elite muda yang nantinya akan melapisi Timnas senior. Intinya, Perbasi tetap membuka pintu untuk kemunculan talenta-talenta baru berbakat dari Indonesia.

"Kami tahu banyak klub meminta pemain dengan naturalisasi. Namun, sampai saat ini tidak ada yang membela klub karena kami komitmen proses naturalisasi ini untuk kepentingan Timnas," tutur Danny.

3. Ketiga pemain ini tinggal mengambil sumpah

Naturalisasi 3 Atlet untuk Timnas Basket Dapat Lampu HijauCalon pemain naturalisasi Dame Diagne (tengah) diapit oleh pemain Louvre Dewa United Surabaya Jamarr Andre Johnson (kiri) dan Luthfianes Gunawan saat bermain bersama Indonesia Patriots di Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2021. (ANTARA/HO-Perbasi)

Gatot mengungkapkan, ketiga pemain ini, yakni Dame Diagne dari Senegal, tinggi 194 cm dan kelahiran 29 Juli 2005. Serigne Modou Kane dari Senegal, tinggi 197 cm dan kelahiran 16 September 2005, serta Marques Terrell Bolden dari Amerika Serikat, tinggi 208 cm dan kelahiran 17 April 1998, tinggal menjalani satu langkah terakhir sebelum sah menjadi WNI.

Nantinya, Diagne, Kane, dan Bolden harus mengambil sumpah. Baru setelah itu, mereka sah menjadi WNI dan bisa memperkuat Timnas Basket Indonesia.

"Setelah DPR setuju, akan keluar Keputusan Presiden (Keppres). Di dalam Keppres itu, ada Diktum bahwa dalam beberapa hari, ketiganya wajib mengucapkan sumpah," ujar Gatot.

FIBA Asia Cup 2021 sendiri rencananya akan dihelat pada 17 hingga 29 Agustus 2021 mendatang. Selain Timnas Basket yang akan jadi peserta, Indonesia juga akan jadi tuan rumah dari kompetisi basket antar negara Asia tersebut.

Baca Juga: Erick Thohir Ingin Kompetisi Lain Tiru Sukses Penyelenggaraan IBL 2021

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya