Comscore Tracker

NBA Gaet Eks Presiden Amerika Serikat Barack Obama

Obama bantu pengembangan basket di Afrika

Jakarta, IDN Times - NBA resmi menggaet mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, sebagai mitra strategis dari NBA Afrika. Nantinya, Obama akan membantu promosi sekaligus kerja sama NBA di negara-negara Afrika.

"NBA selalu menjadi duta yang baik untuk Amerika Serikat. Mereka menggunakan basket sebagai media untuk terhubung dengan dunia, dan di Afrika, basket punya kekuatan untuk mempromosikan peluang, kesetaraan, dan kekuatan," ujar Obama dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, Rabu (28/7/2021).

1. NBA banyak memiliki banyak bisnis di Afrika

NBA Gaet Eks Presiden Amerika Serikat Barack ObamaGoogle

NBA melakukan bisnis di Afrika, termasuk di dalamnya adalah Liga Basket Afrika (BAL), yang diikuti 12 klub dari 12 negara berbeda. Selain itu, NBA Afrika juga membantu mengembangkan olahraga basket di benua Afrika.

"Dengan banyak berinvestasi di masyarakat dengan basket, saya percaya NBA Afrika dapat memberikan hal positif bagi para remaja di sana. Saya sangat kagum dan bangga dengan komitmen NBA untuk menumbuhkan basket di sini," ujar Obama.

Baca Juga: Gedung Capitol Rusuh, Barack Obama Kritik Donald Trump

2. NBA senang Obama mau bergabung

NBA Gaet Eks Presiden Amerika Serikat Barack Obamatime.com

Komisioner NBA, Adam Silver, merasa terhormat Obama mau bergabung menjadi mitra strategis NBA Afrika. Dia mengungkapkan, Obama punya kepercayaan yang besar basket di Afrika akan bertumbuh.

"Presiden Obama percaya Afrika punya potensi dan peluang untuk tumbuh melalui olahraga, salah satunya adalah lewat basket. NBA Afrika akan membantu proses pertumbuhan tersebut," ujar Silver.

3. Sejarah keterlibatan NBA di Afrika

NBA Gaet Eks Presiden Amerika Serikat Barack Obamatwitter.com/nbacom

NBA memiliki sejarah panjang di Afrika dan sudah membuka kantor cabang di Johannesburg, Afrika Selatan, pada 2010. Sejak saat itu, NBA berfokus untuk mengembangkan basket di Afrika melalui pembinaan usia dini, distribusi berita, kerja sama dengan perusahaan, serta meluncurkan kompetisi basket antar negara.

Tidak cuma itu, orang-orang di NBA Afrika juga memang memiliki keterkaitan dengan basket Afrika. Mereka adalah legenda NBA, Junior Bridgeman dan Luol Deng dari Sudan Selatan, Grant Hill serta Ian Mahinmi dari Benin, Dikembe Mutombo dari Republik Kongo, hingga Joakim Noah asal Kamerun.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Milwaukee Bucks Juara NBA 2020/21

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya