Comscore Tracker

Olimpiade 2020: Lolos ke Babak 16 Besar, Jojo Hadapi Shi Yuqi

Meski begitu, Shi tidak mudah dikalahkan

Jakarta, IDN Times – Indonesia memastikan dua wakil di babak 16 besar tunggal putra Olimpiade Tokyo 2020 setelah Jonatan Christie menjadi juara grup G. Dalam pertandingan terakhir, Jonatan mengakhiri perlawanan wakil Singapura, Loh Kean Yew, 22-20 13-21 21-18.

Di babak 16 besar nanti, Jonatan akan menghadapi lawan yang tidak mudah. Dia sudah ditunggu oleh wakil asal Tiongkok, Shi Yuqi. Shi sendiri berstatus sebagai juara Grup H di Olimpiade Tokyo 2020.

1. Jonatan menyebut Loh bukan lawan yang mudah ditundukkan

Olimpiade 2020: Lolos ke Babak 16 Besar, Jojo Hadapi Shi YuqiTunggal putra Indonesia, Jonatan Christie di Olimpiade Tokyo 2020. (dok. NOC Indonesia)

Jojo, sapaan akrab Jonatan, menyebut bahwa Loh sebagai lawan yang tidak mudah ditaklukkan. Atlet asal Singapura itu memang dikenal ulet dan pantang menyerah. Dia juga kerap bermain lepas sehingga permainannya di setiap pertandingan kerap maksimal.

“Terakhir kali bertemu di Thailand Open juga alot dan berakhir rubber game. Dia pemain yang ulet, tidak mudah menyerah, dan punya bola serang yang baik. Dia bermain nothing to lose karena bukan unggulan dan bermain lebih enjoy. Itu berpengaruh,” kata Jojo.

2. Jojo akui berbuat kesalahan di gim kedua

Olimpiade 2020: Lolos ke Babak 16 Besar, Jojo Hadapi Shi YuqiTunggal putra Indonesia, Jonatan Christie di Olimpiade Tokyo 2020. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Jojo juga mengakui dirinya membuat kesalahan di gim kedua. Di gim ini, dia bermain lambat dan melakukan beberapa kesalahan sendiri sehingga tertinggal 8-15 sebelum akhirnya kalah 13-21. Sejatinya, di gim ketiga Jojo sukses menegaskan keunggulan.

Beruntung, di gim ketiga, Jojo kembali menemukan permainannya. Dia banyak merebut angka-angka krusial sehingga akhirnya menang 21-18. Jojo pun berhasil memenangi laga dan melaju ke babak 16 besar,

3. Jojo sebut Shi bukan lawan yang mudah dihadapi.

Olimpiade 2020: Lolos ke Babak 16 Besar, Jojo Hadapi Shi YuqiTunggal putra Indonesia, Jonatan Christie di Olimpiade Tokyo 2020. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Di babak 16 besar, Jojo akan bertemu atlet China Shi Yuqi, Dalam delapan pertemuan sebelumnya, Jojo unggul 5-3, termasuk dua pertemuan terakhir di Asian Games 2018 dan Indonesia Masters 2019. Kendati begitu, bagi Jojo, Shi bukan lawan yang mudah dikalahkan.

“Setelah pertemuan terakhir, Shi cedera setahun lebih. Itu yang harus diperhatikan apakah pola permainannya berubah. Saya tidak ada gambaran permainan dia dalam setahun terakhir. Tetapi, kalau pemain top seperti dia tidak akan ada banyak perubahan, termasuk di Olimpiade Tokyo 2020 ini,” ujar Jojo.

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya