Comscore Tracker

Pengaspalan Sirkuit Mandalika Tuntas, Kado HUT ke-76 Indonesia

Mandalika siap dipakai

Jakarta, IDN Times - Akhirnya hari yang ditunggu-tunggu itu tiba. Sirkuit Mandalika, yang rencananya akan menjadi venue MotoGP pada 2022 mendatang, sudah selesai diaspal. Ini jadi kabar menggembirakan, sekaligus kado di HUT ke-76 Indonesia, Selasa (17/8/2021) ini.

"Akhirnya yang ditunggu-tunggu, pengaspalan track lane selesai 100 persen! Trek dengan 17 tikungan sepanjang 4,310 km akhirnya tersambung dan menghitam jelang HUT Ke-76 Republik Indonesia. Mandalika International Street Circuit karya anak bangsa, dari Indonesia untuk dunia!" begitu caption instagram resmi MotoGP Mandalika, @themandalikagp.

1. Masih ada beberapa fasilitas yang dibangun

Pengaspalan Sirkuit Mandalika Tuntas, Kado HUT ke-76 IndonesiaProgres pembangunan Sirkuit Mandalika. (instagram.com/themandalikagp)

Direktur Utama dari Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M Mansoer, mengungkapkan kendati pengaspalan selesai, masih akan ada beberapa fasilitas lain yang dibangun. Karena pada dasarnya, sirkuit ini tidak bisa berdiri sendiri.

"Nanti akan diselesaikan terus sampai 12 September 2021. Ke depan, juga akan ada lagi fasilitas yang dibangun, karena sirkuit tidak bisa berdiri sendiri. Nanti, ada paddock, pit building, race control, medical center, kemudian parkir dan lain-lain," ujar Abdulbar dilansir ANTARA.

Baca Juga: Pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika Capai 91 Persen

2. Aspal Sirkuit Mandalika jadi yang terbaru

Pengaspalan Sirkuit Mandalika Tuntas, Kado HUT ke-76 IndonesiaFoto udara pembangunan lintasan sirkuit pada proyek Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Selasa (6/4/2021). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Sementara itu, Direktur Konstruksi dan Pengembangan MGPA, Dwianto Eko Winaryo, membeberkan aspal yang digunakan di Mandalika ini adalah Stone Matic Asphalt (SMA). Ini merupakan aspal jenis keluaran terbaru. Jadi, tidak semua sirkuit di dunia menggunakan aspal jenis ini.

"Tidak semua sirkuit di dunia menggunakan aspal jenis ini. Karena, produknya baru keluar pada 2015. Yang sudah itu baru Silverstone, Dubai, dan Phillip Island. Sepang pun belum karena dibangun pada 2012. Pada saat itu, belum ada aspal seperti ini (di Mandalika)," ujar Dwianto.

3. Mandalika siap menyambut World Superbike 2021

Pengaspalan Sirkuit Mandalika Tuntas, Kado HUT ke-76 IndonesiaSeorang pekerja berada di tikungan ke 2 lintasan Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (15/8/2021). (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Dengan proses pengaspalan yang tuntas, plus juga proses homologasi yang sudah dilakukan pada 12 Agustus lalu, melibatkan pihak Dorna dan Ikatan Motor Indonesia (IMI), sekarang Mandalika siap menyambut World Superbike dan MotoGP. Indonesia akhirnya memiliki sirkuit yang layak untuk balapan kelas dunia.

"Welcome to WorldSBK 2021 dan MotoGP™ 2022! Be ready!!" begitu caption akun instagram resmi Mandalika.

Baca Juga: Kabar Baik dari Sirkuit Mandalika, Siap Dipakai MotoGP 2022

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya