Comscore Tracker

Perubahan Cepat di MotoGP yang Benamkan Valentino Rossi

MotoGP musim ini jauh lebih cepat

Jakarta, IDN Times - Valentino Rossi merasakan keanehan dalam sesi balapan di MotoGP Jerez, Minggu (2/5/2021) silam. Sebenarnya, catatan waktu Rossi pada sesi balapan tersebut tidak jauh berbeda dengan tahun lalu.

Pada Juli 2020, Rossi menyelesaikan balapan di Jerez dengan catatan waktu 41 menit 28,212 detik. Catatan itu sudah cukup membawa Rossi finis di posisi ketiga, 5,5 detik di belakang Fabio Quartararo yang menjadi juara.

Nah, pada balapan di Mei 2021, Rossi sebenarnya mencatatkan waktu yang tidak berbeda jauh dengan musim lalu, yakni 41 menit 28,333 detik. Namun, catatan waktu ini hanya mampu membawa Rossi finis di posisi ke-17, berselisih 22,7 detik dari Jack Miller selaku pemenang.

Dari hasil ini, Rossi pun menyadari MotoGP sudah banyak berubah. Dia pun sulit untuk menjelaskan kenapa sudah tidak bisa lagi tampil kompetitif seperti musim lalu, saat masih membalap untuk tim pabrikan Yamaha.

"Bagi kami, ini jadi alasan sekaligus jawaban kenapa semuanya terasa berubah dengan cepat di MotoGP dari tahun ke tahun. Banyak perubahan yang terjadi dan semua mencoba untuk jadi lebih baik," ujar Rossi, dilansir Crash.

Baca Juga: Valentino Rossi Segera Umumkan Pensiun dari MotoGP?

1. Rossi sudah melakukan penyesuaian

Perubahan Cepat di MotoGP yang Benamkan Valentino Rossitwitter.com/ValeYellow46

Rossi bukannya tidak tahu perubahan ini akan datang. Dia mengaku sudah melakukan berbagai persiapan, termasuk melakukan penyesuaian terhadap motor yang dipakainya. Meski begitu, performa Rossi nyatanya memang tidak bisa lebih baik lagi dibandingkan musim lalu.

"Kami mencoba motor dengan spesifikasi yang sama seperti musim lalu, malah lebih baik, namun ternyata performanya tidak sama dan entah kenapa. Saya jadi lebih menderita musim ini. Begitu juga ban motor ini, sebenarnya sama seperti musim lalu tapi cengkeramannya berbeda," ujar Rossi.

2. Valentino Rossi akui awal musim ini terasa berat baginya

Perubahan Cepat di MotoGP yang Benamkan Valentino Rossimotogp.com

Rossi mengakui awal musim 2021 terasa berat baginya. Dia belum bisa mendulang poin, dan sempat kalah posisi dari sang adik di MotoGP Jerez, kemarin. Banyak masalah yang menimpa pembalap asal Italia ini.

"Benar-benar awal musim yang sulit, saya tidak bisa membalap dengan cepat. Ada masalah di racikan motor. Secara pribadi, saya juga merasa belum mengeluarkan kemampuan yang terbaik," ujar Rossi.

3. Rossi masih tetap optimistis

Perubahan Cepat di MotoGP yang Benamkan Valentino RossiTwitter

Terlepas dari kesulitan yang sedang dialami, Rossi tetap mencoba optimistis di sisa musim ini. Dia terus berusaha melakukan perbaikan bersama timnya, agar dapat meraih performa maksimal di sisa balapan yang ada.

"Kami harus optimistis dan tetap punya motivasi tinggi, melakukan segalanya agar bisa jadi lebih kuat. Kami harus menemukan cara untuk mengembangkan motor ini (motor Petronas Yamaha) jadi lebih baik dan cepat lagi," ungkap The Doctor.

Baca Juga: Melempem di MotoGP, Waktunya Pensiun Buat Valentino Rossi

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya