Comscore Tracker

Peta Persaingan MotoGP 2021: Waspada Petronas Yamaha! 

Petronas akan jadi tim yang mengancam tahun depan

Jakarta, IDN Times - Pebalap-pebalap yang akan tampil di MotoGP 2021 sudah diumumkan. Menarik untuk melihat bagaimana peta kontestasi dari ajang balap motor paling tenar sedunia itu musim depan.

Banyak perubahan yang terjadi di musim depan untuk ajang MotoGP. Tidak akan ada lagi nama Andrea Dovizioso, Cal Crutchlow, dan Tito Rabat. Sebagai gantinya, nama-nama pebalap muda macam Luca Marini, Enea Bastianini, dan Jorge Martin akan masuk di MotoGP musim depan.

Pertukaran juga terjadi di tim Yamaha. Valentino Rossi yang awalnya membela tim pabrikan, musim depan akan turun membela tim satelit Petronas Yamaha. Sedangkan Fabio Quartararo yang awalnya membela Petronas, naik kelas ke tim pabrikan, Monster Energy.

Seperti apakah peta persaingan pebalap musim depan?

1. Waspadai Petronas Yamaha

Peta Persaingan MotoGP 2021: Waspada Petronas Yamaha! Ilustrasi MotoGP (motogp.com).

Hadirnya Rossi ke Petronas musim depan diyakini akan membuat tim ini lebih kompetitif. Apalagi, selain Rossi, Petronas juga memiliki Franco Morbidelli, pebalap yang juga merupakan mantan murid Rossi di VR46 Academy.

Sekadar informasi, Morbidelli adalah runner-up MotoGP 2020. Dengan statusnya itu, ditambah lagi kehadiran Rossi di tim, akan membuat Petronas lebih kuat musim depan. Tentunya, dengan catatan Rossi mau beradaptasi dengan kultur Petronas yang merupakan tim satelit

Baca Juga: Kurang Biaya, Sirkuit Brno Absen dalam MotoGP 2021

2. Bagaimana langkah Honda?

Peta Persaingan MotoGP 2021: Waspada Petronas Yamaha! Pebalap Repsol Honda Marc Marquez dan Alex Marquez (Dok. IDN Times/Istimewa)

Repsol Honda begitu jeblok di musim 2020. Ketiadaan Marc Marquez yang harus absen karena menjalani proses pemulihan cedera membuat Honda tidak mampu bersaing dengan tim-tim lain. Musim ini, Honda diprediksi akan kehilangan lagi sosok Marquez dalam beberapa seri.

Awal Desember ini, Marquez baru saja menjalani operasi ketiganya. Dilansir Marca, Marquez berarti harus absen selama enam bulan, yang berarti sosok asal Spanyol itu bakal absen dalam enam hingga tujuh seri balapan.

Rencananya, untuk menggantikan posisi Marquez, Honda dikabarkan sudah mendekati beberapa nama, seperti Dovizioso maupun Stefan Bradl. Namun, agaknya sulit bagi Honda untuk merekrut keduanya jika kelak mereka hanya diplot sebagai pengganti Marquez.

3. Joan Mir tetap akan jadi andalan Suzuki

Peta Persaingan MotoGP 2021: Waspada Petronas Yamaha! twitter.com/CEVMotorcycle

Nama Suzuki juga patut diperhitungkan musim depan. Hasil yang diraih pebalap mereka musim ini, Joan Mir, menunjukkan bahwa pabrikan asal Jepang itu masih punya kemampuan untuk bersaing. Mir adalah peraih gelar MotoGP 2020.

Mir, bersama rekan setimnya Alex Rins, diprediksi siap memberikan gebrakan lagi di MotoGP 2021.Namun, pembenahan tentu harus tetap dilakukan Suzuki, mengingat Yamaha juga sudah melakukan pergerakan dengan menukar dua pebalapnya.

Berikut adalah daftar lengkap pebalap MotoGP 2021.

Suzuki Ecstar: Alex Rins dan Joan Mir
Repsol Honda: Marc Marquez (bisa saja digantikan jika cedera) dan Pol Espargaro
LCR Honda: Alex Marquez dan Takaaki Nakagami
Monster Energy Yamaha: Fabio Quartararo dan Maverick Vinales
Petronas Yamaha: Valentino Rossi dan Franco Morbidelli
Ducati: Jack Miller dan Francesco Bagnaia
Pramac Racing: Johann Zarco dan Jorge Martin
Esponsorama Racing: Enea Bastianini dan Luca Marini
Red Bull KTM: Brad Binder dan Miguel Oliveira
KTM Tech3: Iker Lecuona dan Danilo Petrucci
Aprilia Racing Team Gresini: Aleix Espargaro dan Lorenzo Savadori

Baca Juga: 5 Pembalap MotoGP Paling Sering Naik Podium, Rossi Masih Terbanyak!

Topic:

  • Sandy Firdaus
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya