PLN Gelontorkan Rp313 Miliar Demi PON Papua

Selama PON, PLN akan menyiagakan personel di beberapa lokasi

Jakarta, IDN Times - PT PLN (Persero) mengucurkan dana Rp 313 miliar untuk mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang digelar pada 2 hingga 15 Oktober 2021 mendatang.

Direktur Manajemen Sumber Daya Manusia PLN, Syofvi F Roekman menjelaskan, sebagian besar dana tersebut dialokasikan untuk membangun infrastruktur kelistrikan di empat klaster PON Papua, Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Merauke, dan Kabupaten Mimika.

"Sejak awal, PLN berkomitmen untuk mendukung pelaksanaan PON di Papua. Ini adalah perhelatan nasional. Keberhasilan penyelenggaraan PON ada keberhasilan bangsa," ucap Syofvi dalam keterangan resminya, Senin (20/9/2021).

1. PLN jamin pasokan listrik selama gelaran PON Papua

PLN Gelontorkan Rp313 Miliar Demi PON PapuaPLN pastikan listrik untuk PON Papua aman. (dok. Humas PLN)

Syofvi menjamin keandalan pasokan listrik di seluruh venue dan fasilitas pendukung PON Papua nanti. Dari total daya mampu listrik mencapai 228,2 megawatt (MW), diproyeksikan beban puncak saat penyelenggaraan PON mencapai 153,5 MW.

Selain suplai pembangkit, Syofvi menegaskan PLN telah melakukan beberapa pembangunan dan penguatan. PLN membangun Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM), Saluran Kabel Tegangan Menengah (SKTM), Jaringan Tegangan Rendah (JTR), Gardu Hubung, Gardu Distribusi, dan yang lainnya.

Baca Juga: Menpora: PON Papua Berpotensi Dihadiri Penonton

2. Alat-alat yang disiapkan PLN dalam gelaran PON Papua nanti

PLN Gelontorkan Rp313 Miliar Demi PON PapuaPLN pastikan listrik untuk PON Papua aman. (dok. Humas PLN)

Guna mengamankan kelistrikan saat berlangsungnya PON XX Papua, PLN juga menyiapkan beberapa alat. Mereka menyiapkan 129 unit mobile genset kapasitas 100 kW, 200 kW, 500 kW hingga 1000 kW.

Selain itu, 55 Unit Gardu Berjalan (UGB), 45 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) Mobile, 7 unit Unit Kabel Bergerak (UKB) dan 4 Unit Kabel dan Kubikel Bergerak (UKKB) juga disiapkan PLN.

Di sisi lain, selama periode siaga, yakni 18 September sampai 15 Oktober 2021, PLN akan menyiagakan 1.574 personel di 45 lokasi pertandingan. Para personel ini juga bakal berjaga di 230 lokasi strategis lain seperti kantor VIP, penginapan, rumah sakit, command center, dan beberapa tempat lainnya.

3. PB PON berterima kasih atas bantuan dari PLN

PLN Gelontorkan Rp313 Miliar Demi PON PapuaKetua harian PB PON, Yunus Wonda. (IDN Times/Dok. PB PON Papua).

Ketua Harian Panitia Besar PON (PB PON), Yunus Wonda, menyampaikan peran PLN sangat besar untuk memastikan pasokan dan keandalan listrik pelaksanaan PON. Dia juga berterima kasih kepada PLN yang turut serta membantu gelaran PON Papua.

"Sejak lama PLN selaku mendukung pelaksanaan PON Papua, terutama kebutuhan listrik di penginapan dan semua tempat yang mendukung pelaksanaan PON. Kami sangat berterima kasih kepada PLN," tutur Yunus.

Baca Juga: Lifter Rahmat Erwin Target Emas buat Sulsel di PON Papua

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya