Comscore Tracker

PON Papua Diharapkan Jadi Tempat Mekarnya Talenta Baru

PON Papua jadi momen talenta Indonesia bersaing

Jakarta, IDN Times - Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua sudah menggelar pertandingan pertamanya pada Rabu (22/9/2021) lalu. Per Jumat (24/9/2021) ini, sudah ada beberapa laga yang dipertandingkan, dari beberapa cabang olahraga (cabor) yang berbeda.

Ketua Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) PON Papua, Suwarno, berharap PON bisa melahirkan talenta-talenta berbakat yang akan menghiasi dunia olahraga Tanah Air. Nantinya, para talenta ini akan newakili Indonesia di kancah internasional.

"Kami ingin PON mendorong pembinaan atlet-atlet nasional dari Papua. Harapannya, akan muncul talenta hebat yang lebih banyak dari Papua yang bisa tampil hingga ajang internasional," kata Suwarno dalam diskusi virtual di Jakarta, Kamis (23/9/2021).

1. PON jadi momen keberagaman bersatu di Papua

PON Papua Diharapkan Jadi Tempat Mekarnya Talenta BaruLaga pembuka PON Papua 2021. (dok. PB PON)

Suwarno juga menilai, gelaran PON tahun ini jadi momentum bersatunya beragam etnis yang ada di Papua. Ajang ini juga jadi lambang persatuan seluruh daerah di Indonesia, dalam upaya menghadapi pandemik COVID-19.

"Meski semua saling bersaing satu sama lain, tetapi semua berjuang dalam bingkai persatuan dan semangat yang sama. Serta tetap menjunjung tinggi sportivitias," ujar Suwarno.

Baca Juga: Panitia PON Papua Soroti Fasilitas di Venue

2. Pandemik COVID-19 membuat atlet lebih kreatif dalam berlatih

PON Papua Diharapkan Jadi Tempat Mekarnya Talenta BaruSuasana lapangan pertandingan bulu tangkis di Gedung Olahraga (GOR) Waringin, Kota Jayapura, Papua, Kamis (8/7/2021) yang akan digunakan untuk PON XX Papua. (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)

Wasit yang bertugas di cabang olahraga loncat indah PON Papua, Pranarta Arumbowo, mengungkapkan pelaksanaan kompetisi di tengah pandemik membuat kreativitas atlet dalam berlatih diuji. Adanya PPKM membuat ruang gerak atlet untuk berlatih jadi terbatas.

"Untuk menyiasati waktu latihan yang terbatas, atlet menggunakan waktu senggangnya untuk berlatih mandiri. Bisa melihat video atau mempraktikkan teori dari pelatih. Saya yakin atlet lebih termotivasi untuk tampil lebih baik," ujar Pranarta.

Baca Juga: UNS Gratiskan Biaya Kuliah Pada Atlet Yang Raih Juara di PON Papua

3. PON Papua berlangsung di empat klaster

PON Papua Diharapkan Jadi Tempat Mekarnya Talenta BaruVenue voli indoor PON XX Papua di Koya Koso, Muaratami, Kota Jayapura, Papua, Selasa (22/6/2021). (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)

PON Papua sendiri berlangsung di empat klaster, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke. Adanya PON ini mendorong pembangunan fasilitas olahraga standar internasional di Papua.

Khusus bagi atlet Papua sendiri, adanya PON Papua ini jadi berkah. Sebab, mereka jadi memiliki tempat representatif untuk berlatih dan mengembangkan diri. Nantinya, mereka bisa juga jadi wakil Indonesia di kancah internasional.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya