Comscore Tracker

PON Papua Jadi Momen Perbasi Cari Talenta di Basket 3x3

Cabor basket 3x3 resmi dipertandingkan di PON

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Umum Perbasi Bidang Pembinaan dan Prestasi, George Fernando Dendeng, mengungkapkan ajang PON Papua jadi momen bagi Perbasi mencari atlet berbakat. Khususnya, bagi atlet basket di nomor 3x3.

"Tentunya harapan besar kami dari nomor 3x3 pada PON Papua ini bisa mendapat pemain-pemain potensial. Kami sudah lihat ada beberapa nama yang mungkin bisa untuk ke Timnas. Kami lihat mereka akan berproses di PON nanti," ujar George dalam keterangan resminya, Senin (13/9/2021).

1. Basket 3x3 resmi dipertandingkan di PON

PON Papua Jadi Momen Perbasi Cari Talenta di Basket 3x3Suasana lomba basket 3x3 yang digelar Nipah Mall Makassar bersama Perbasi Kota Makassar sekaligus perayaan HUT ke-3 Nipah Mall, Sabtu 10 April 2021. (Dok. PR Kalla Group)

Dalam pelaksanaan PON Papua, cabor basket 3x3 sudah naik level. Setelah hanya menjadi cabor eksibisi di edisi Jawa Barat lima tahun lalu, cabor basket 3x3 dipertandingkan secara resmi dalam PON Papua. Nantinya, ada delapan tim dari masing-masing nomor putra dan putri yang bakal memperebutkan medali.

"Basket 3x3 tahun ini pertama kali dipertandingkan resmi memperebutkan medali di PON. Jadinya, tidak ada tim unggulan yang mendapat keistimewaan selain tim tuan rumah," tutur George.

Baca Juga: Jalan Terjal Indonesia Menuju Piala Dunia Basket 2023

2. Proses undian sudah dilakukan

PON Papua Jadi Momen Perbasi Cari Talenta di Basket 3x3Suasana lomba basket 3x3 yang digelar Nipah Mall Makassar bersama Perbasi Kota Makassar sekaligus perayaan HUT ke-3 Nipah Mall, Sabtu 10 April 2021. (Dok. PR Kalla Group)

Proses undian untuk cabor basket 3x3 sudah dilakukan pada akhir pekan kemarin. Proses undian dilakukan oleh Perbasi berdasarkan hasil pra-PON.

Untuk kategori putra pool A diisi Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Papua, dan Jawa Tengah. Kemudian Jawa Barat, Riau, DKI Jakarta, dan Sumatera Utara berada di pool B.

Selanjutnya untuk kategori putri, pool A ada DKI Jakarta, Sumatera Barat, Papua, dan Kalimantan Barat. Adapun pool B diisi Bali, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Sulawesi Selatan.

3. Hasil undian cabor basket 3x3 PON Papua

PON Papua Jadi Momen Perbasi Cari Talenta di Basket 3x3Pengguna jasa bandara melintas di dekat media promosi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis (1/7/2021). (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Berikut adalah hasil lengkap dari undian grup cabor basket 3x3 PON Papua 2021. Total, ada 16 provinsi yang turut serta kali ini. Berikut pembagiannya.

Pembagian Pool Putra

Pool A

Jawa Timur
Sulawesi Selatan
Papua
Jawa Tengah

Pool B

Jawa Barat
Riau
DKI Jakarta
Sumatera Utara

Pembagian Pool Putri

Pool A

DKI Jakarta
Sumatera Barat
Papua
Kalimantan Barat

Pool B

Bali
Jawa Tengah
Jawa Barat
Sulawesi Selatan

Baca Juga: COVID-19, Malaria, OPM, Tak Pengaruhi Optimisme Atlet PON Papua!

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya