Comscore Tracker

Ponten Performa Deretan Rookie MotoGP 2021

Bastianini menjanjikan, Marini masih harus adaptasi

Jakarta, IDN Times - MotoGP 2021 tidak hanya jadi panggung persaingan bagi para pembalap lawas saja. Di dalamnya, ada juga persaingan serta pembuktian kecakapan para pembalap yang baru naik kelas musim ini. Istilah kerennya, rookie.

Khusus di MotoGP 2021 ini, ada dua rookie yang patut mendapatkan perhatian. Mereka adalah Luca Marini dan Enea Bastianini. Keduanya baru saja promosi dari Moto2 ke MotoGP musim ini, dan berada di satu tim, Esponsorama Racing. Bagaimana kiprah keduanya sejauh ini?

1. Enea Bastianini sempat tembus 10 besar

Ponten Performa Deretan Rookie MotoGP 2021motogp.com

Dalam dua seri MotoGP 2021 yang sudah berlangsung, Bastianini terbilang mampu menampilkan performa ciamik. Bahkan, dia sempat tembus posisi 10 besar di MotoGP Qatar. Di seri tersebut, dia mampu finis di posisi 10, mengungguli beberapa pembalap lain, termasuk Valentino Rossi.

Berlanjut ke MotoGP Doha, posisi Bastianini melorot ke posisi 11. Namun, perlu diingat, dia memulai balapan dari posisi 19. Alhasil, raihan ini terbilang luar biasa. Lucunya saat mengaspal di MotoGP Doha, Bastianini mengungkapkan penampilannya sempat terganggu rambutnya sendiri.

"Dalam beberapa putaran terakhir, rambut dan keringat menutupi mata sehingga saya tak bisa melihat apa pun. Saya terganggu dan tak bisa menyalip tiga atau empat pembalap di depan. Sial, saya tak membutuhkan hal itu," ujar Bastianini, dilansir Motorsport.

Baca Juga: Nasib Repsol Honda Suram di MotoGP 2021 Tanpa Marc Marquez

2. Marini masih belum stabil

Ponten Performa Deretan Rookie MotoGP 2021instagram.com/luca_marini_97

Lain hal dengan Bastianini, Marini agaknya belum mampu menunjukkan penampilan stabil dalam dua seri MotoGP 2021 ini. Di seri Qatar, dia hanya mampu finis di posisi 16. Sedangkan di MotoGP Doha, dia finis di posisi yang lebih buruk lagi, 18.

Adik Valentino Rossi itu pun mengakui masih ada yang perlu ditingkatkan dari dirinya, termasuk soal kekuatan fisik. Dia akan bekerja lebih banyak di gym, untuk melatih otot-ototnya agar lebih kuat dalam mengendalikan Desmosedici.

"Saya tahu ada beberapa hal yang mesti diperkuat lagi saat latihan di gym nanti. Saya ingin memperkuat otot tubuh bagian atas, juga lengan, agar dapat mengendalikan motor dengan lebih baik lagi," ujar Marini, dilansir GPOne.

3. MotoGP 2021 masih dikuasai oleh Yamaha

Ponten Performa Deretan Rookie MotoGP 2021motogp.com

Dalam dua seri MotoGP 2021 ini, Yamaha masih jadi penguasa. Di MotoGP Qatar, Maverick Vinales sukses keluar sebagai juara, sedangkan di MotoGP Doha, giliran Fabio Quartararo yang melesat dan menduduki posisi terdepan.

Akan tetapi, ancaman juga tetap datang dari beberapa tim lain untuk Yamaha di MotoGP 2021 ini. Salah satunya datang dari Ducati. Dalam dua seri, pembalap Ducati kerap naik podium menemani pembalap Yamaha. Johann Zarco sukses menduduki peringkat dua dalam dua seri MotoGP 2021 sejauh ini. Karena itulah, Zarco yang ada di puncak klasemen sementara pembalap MotoGP 2021.

Baca Juga: Skenario MotoGP Mandalika Bisa Digelar di 2021

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya