PR Besar Pasca PON XX Papua: Rawat Venue Internasional

Menpora tidak ingin venue PON Papua terbengkalai

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, memiliki harapan besar setelah gelaran PON Papua 2021. Dia ingin, venue-venue yang sudah dibangun dengan dana besar di Papua bisa terjaga dengan baik.

Alhasil, Zainudin mengingatkan pemerintah daerah harus kreatif dalam merawat venue eks PON Papua 2021. Salah satu cara yang dia sarankan adalah membentuk badan pengelola yang bertanggung jawab untuk merawat venue-venue supaya tidak terbengkalai.

"Fasilitas olahraga yang mewah itu tentu tidak murah. Maka kreativitas pemerintah daerah sangat dibutuhkan. Perlu integrasi sarana olahraga dan fasilitas penunjang lainnya," kata Zainudin dalam keterangan resminya, Jumat (15/10/2021).

1. Zainudin contohkan pengelolaan GBK

PR Besar Pasca PON XX Papua: Rawat Venue InternasionalStadion Utama Gelora Bung Karno (IDN Times/Herka Yanis)

Zainudin mencontohkan pengelolaan seperti Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta. Kompleks olahraga tersebut berdekatan dengan pusat perbelanjaan, hotel, dan lainnya. Alhasil, sampai sekarang, GBK tetap ramai kendati belum ada lagi event berskala internasional yang digelar di sana.

"Artinya, pemerintah daerah harus kreatif dan menggandeng perencana yang baik tentang bagaimana pengelolaan. Kalau sendiri tidak kuat, bahkan dibeberapa tempat ada yang bayar listrik saja sudah tidak kuat," ujar Zainudin.

Baca Juga: Atlet Jateng Siap-siap Jalani Karantina Pulang dari PON XX Papua 

2. Harus berani gandeng mitra

PR Besar Pasca PON XX Papua: Rawat Venue InternasionalStadion Atletik di Mimika, Papua. (ANTARA/Evarianus Supar)

Zainudin mengungkapkan, Pemprov Papua juga tidak perlu segan mengundang mitra yang bisa mengerjakan pengelolaan venue, tentunya di bawah pengawasan. Tidak cuma di Jayapura, venue-venue lain di Merauke dan Mimika juga harus tetap dijaga.

"Tidak hanya venue yang di Jayapura, Merauke dan Mimika juga demikian. Saya tentunya juga mendorong agar cabang olahraga melaksanakan kegiatan di sini minimal Kejurnas, atau bahkan event internasional agar bisa terawat dengan baik," ujar Zainudin.

3. Menpora yakin Papua jadi gudang atlet

PR Besar Pasca PON XX Papua: Rawat Venue InternasionalPapua berhasil meraih emas di cabang olahraga sepak bola putra PON XX usai menundukkan Aceh dengan skor 2-0, Kamis (14/10/2021). (IDN Times/Tata Firza).

Dengan pengelolaan venue yang baik, Zainudin optimistis Papua akan menjadi gudang atlet. Selain itu, venue yang baik juga dapat dijadikan tempat pembibitan dan peningkatan prestasi olahraga, sehingga banyak atlet berprestasi lahir di sini.

"Fasilitas olahraga bertaraf internasional ini tentu jadi tempat bagi atlet yang memiliki talenta hebat. Jadi saya harap betul nanti ada badan pengelolaannya agar tidak terlantar venue PON Papua ini. Jangan sampai tidak dimanfaatkan," ujar Zainudin.

Baca Juga: Tangis Legenda Papua Usai Berjaya di Sepak Bola PON

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya