Profil Arif Dwi Pangestu, Remaja Berprestasi di SEA Games

Arif sudah berprestasi sejak 2019

Jakarta, IDN Times - Arif Dwi Pangestu jadi buah bibir di SEA Games 2021. Dia sukses menyumbangkan dua medali emas untuk kontingen Indonesia dari cabang olahraga (cabor) panahan. Menariknya, dia ternyata masih remaja.

Di SEA Games 2021, Arif menyumbangkan emas dari nomor recurve beregu putra dan tunggal putra. Apiknya lagi, di nomor tunggal, Arif berhasil mengalahkan Riau Ega Agatha Salsabilla, yang sejatinya merupakan seniornya.

Raihan prestasi yang didapat Arif ini tidaklah mengherankan. Sebab, sedari berusia 15 tahun, dia sudah menyumbangkan emas untuk Indonesia.

Baca Juga: [BREAKING] Arif Pangestu Persembahkan Medali Emas SEA Games ke-33 untuk Indonesia

1. Arif pernah sumbang emas di SEA Games 2019

Profil Arif Dwi Pangestu, Remaja Berprestasi di SEA GamesArif Dwi Pangestu, Pemanah Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. (dok. NOC Indonesia)

SEA Games 2021 bukanlah debut bagi atlet yang kini berusia 17 tahun itu di SEA Games. Sebelumnya, dia sudah melakoni debut SEA Games bersama tim panahan Indonesia di Manila, Filipina, 2019 silam.

Saat itu, Arif juga sudah meraih prestasi yang apik. Berlaga di nomor recurve beregu putra, Arif yang satu tim dengan Riau Ega dan Hendra Purnama sukses mengalahkan Malaysia dan Thailand, hingga akhirnya sukses menyabet emas.

Jika ditotal, saat ini Arif sudah mengoleksi tiga emas SEA Games. Dua didapatnya pada 2021, sedangkan sisa satunya didapat pada 2019 silam.

Baca Juga: Persembahan Spesial Arif Pangestu buat Almarhumah Ibu di SEA Games

2. Dukungan dari almarhumah ibu buat Arif kuat

Profil Arif Dwi Pangestu, Remaja Berprestasi di SEA GamesArif Dwi Pangestu, Pemanah Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. (dok. NOC Indonesia)

Arif mengakui, sosok almarhumah ibunya jadi sosok penting dalam perjalanan karier sebagai atlet. Ibunya selalu memberi dukungan di bidang olahraga apa pun yang digelutinya. Saat masih menjadi pesilat, sang ibu pun selalu mendukungnya.

"Apa pun yang saya suka selalu didukung ibu. Setiap ada pertandingan di daerah, pasti diantar dan ibu selalu momotivasi saya," kata Arif.

Baca Juga: Jadwal Final SEA Games 2021 Hari Ini, Ada Peluang Tambah Medali

3. Arif masih penasaran dengan Olimpiade

Profil Arif Dwi Pangestu, Remaja Berprestasi di SEA GamesPemanah putra Indonesia Arif Dwi Pangestu (worldarchery.sport)

Deretan prestasi yang diukir Arif tak membuatnya tinggi hati. Arif nyatanya masih penasaran berlaga di kancah Asian Games dan menaklukkan panggung Olimpiade, setelah tampil apik dalam dua gelaran SEA Games.

"Setelah SEA Games, saya masih sangat penasaran dengan Olimpiade. Saat di Tokyo, saya merasa kurang maksimal karena faktor alam (saat itu tengah badai). Saya ingin bisa lolos kualifikasi Paris, dan tampil maksimal di sana," kata Arif Dwi Pangestu.

Topik:

  • Anata Siregar
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya