Raih Emas di SEA Games 2021, Penantian Tiara Andini Tuntas

Tiara Andini sumbang emas di SEA Games 2021

Jakarta, IDN Times - Tiara Andini senang bukan kepalang. Impiannya untuk membawa pulang medali emas disiplin MTB downhill SEA Games 2021 Vietnam tergenapi setelah dia tampil tercepat di Hoa Binh Gymnastics and Sports Center, Minggu (15/5/2022).

Tiara sukses menunjukkan dominasi Indonesia dengan catatan waktu tiga menit 31,531 detik. Dia unggul atas pembalap Thailand Vipavee Deekaballes (tiga menit 42,337 detik) dan wakil Filipina Naomi Gardoce Mapanao (tiga menit 44,772 detik).

"Rasanya bahagia dan bangga karena target medali emas tercapai. Ini memang penantian yang cukup panjang, tetapi sejak persiapan setahun terakhir saya yakin saya mampu," kata Tiara dalam keterangan resmi NOC Indonesia.

1. Tiara Andini sempat selip saat balapan

Raih Emas di SEA Games 2021, Penantian Tiara Andini TuntasTiara Andini, atlet MTB Indonesia di SEA Games 2021. (Dok. NOC Indonesia)

Tiara mengaku sempat mengalami selip saat balapan. Hal itu tak lepas dari kondisi gerimis yang membuat trek jadi licin. Beruntung, dia masih bisa mengendalikan kondisi sepedanya.

"Tadi, di awal start agak gerimis dan sempat selip sedikit. Beruntung, saya bisa kontrol. Treknya kan lintasan sempit, tapi saya mampu melewatinya dan akhirnya tampil tercepat," ujar Tiara.

Baca Juga: [BREAKING] Timnas U-23 Lolos ke Semifinal SEA Games 2021 Usai Sikat Myanmar

2. Tim MTB Indonesia juga sukses raih perak

Raih Emas di SEA Games 2021, Penantian Tiara Andini TuntasSuasana pengukuhan kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Selain emas, tim MTB Indonesia pun sukses meraih perak. Medali perak ini disumbangkan Andy Prayoga dari nomor downhill MTB putra. Dia finis di urutan kedua usai membukukan catatan waktu tiga menit 9,356 detik, di belakang wakil Thailand Methasit Boonsane.

Bagi Andy, raihan ini jadi peningkatan prestasi tersendiri. Dalam ajang SEA Games 2019, dia harus puas berada di urutan ketiga. Adapun wakil Indonesia lainnya Popo Ario Sejati harus puas di urutan keempat setelah menyelesaikan lomba dengan catatan waktu 3 menit 15,810 detik.

3. Medali ke-16 bagi wakil Indonesia di SEA Games 2021

Raih Emas di SEA Games 2021, Penantian Tiara Andini TuntasSuasana pengukuhan kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Torehan yang dibukukan Tiara menjadi medali emas ke-16 untuk Merah Putih di Vietnam. Tak hanya itu, hasil ini sekaligus mengobati kekecewaan Tiara di SEA Games 2019. Kala itu, Tiara harus puas dengan raihan perak setalah finis di belakang pembalap Filipina, Lea Denise Belgira.

Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari, mengaku puas akan capaian dari tim MTB Indonesia. Dia mengatakan, prestasi yang diraih oleh balap sepeda tak lepas dari komitmen PB ISSI dalam melakukan pembinaan pembinaan.

"Tiara Andini kini sudah menjadi ikon baru di nomor putri downhill putri dan harapan kami tentu akan banyak lagi bermunculan atlet-atlet Indonesia untuk regenerasi yang bisa membawa Merah Putih menembus panggung dunia," ujar Okto.

Berkat tambahan satu emas dan satu perak ini, untuk sementara Indonesia menorehkan 16 emas, 19 perak, dan 12 perunggu di SEA Games 2021. Mereka masih berpotensi untuk menambah medali lagi dari cabang olahraga lainnya.

Baca Juga: [BREAKING] Catur dan Wushu Tambah 2 Emas Bagi Indonesia di SEA Games 2021

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya