Comscore Tracker

Rencana Valentino Rossi Setelah Pensiun: Ikut Balap Mobil?

Rossi sudah akrab dengan dunia balap mobil

Jakarta, IDN Times - Hanya tinggal dua balapan lagi, yakni di Sachsenring dan Assen, sebelum akhirnya Valentino Rossi menentukan masa depannya di MotoGP. Apakah ia akan pensiun atau tetap mentas di ajang balap motor paling bergengsi di dunia tersebut.

Ada banyak hal yang bisa Rossi lakukan setelah pensiun, entah itu masih terlibat dalam dunia MotoGP atau mencoba hal baru yang belum pernah ia lakukan sebelumnya. Nah, baru-baru ini, Rossi secara tidak langsung sudah mengumumkan rencananya jika kelak ia pensiun dari MotoGP.

Dan rupanya, rencana masa pensiunnya ini masih tidak jauh dari dunia balap. Ia tampaknya akan mencoba terjun di dunia balap mobil.

1. Rossi akan menjajal balap mobil di ajang WEC

Rencana Valentino Rossi Setelah Pensiun: Ikut Balap Mobil?Valentino Rossi saat berada di pitlane GP Catalunya (motogp.com)

Dilansir La Gazzetta dello Sport, Rossi berencana akan mengikuti ajang World Endurance Championship (WEC) setelah pensiun nanti. WEC ini adalah ajang balap yang mempertandingkan ketahanan dari setiap pembalap beserta mobil yang ia tumpangi.

Sudah ada tim yang siap menampung Rossi. Tim tersebut adalah Kessel Racing, yang nantinya akan memercayakan Rossi untuk memegang kemudi mobil Ferrardi 488 GTE Evo. Kessel sendiri saat ini masih bersaing dengan tim-tim macam Toyota Gazoo Racing atau Audi Sport Team Joest di WEC.

Baca Juga: Rossi Berharap MotoGP Seri Jerman Berjalan Sesuai Rencananya

2. Rossi memang akrab dengan dunia balap mobil

Rencana Valentino Rossi Setelah Pensiun: Ikut Balap Mobil?Valentino Rossi menunduk jelang balapan GP Catalunya (motogp.com)

Di masa lampau, Rossi memang sudah akrab dengan dunia balap mobil. Ia bahkan pernah membalap di World Rallying dan Monza Rally bersama beberapa pembalap Formula 1.

Rossi juga akrab dengan ajang balap yang melombakan adu ketahanan mobil. Ia pernah ikut ajang Gulf 12 Hours dan berada satu tim dengan adiknya, Luca Marini dan temannya, Uccio Salucci. Jadi, Rossi agaknya tidak perlu beradaptasi lagi jika kelak ingin ikut WEC.

3. Rossi sudah santer dikabarkan akan pensiun

Rencana Valentino Rossi Setelah Pensiun: Ikut Balap Mobil?motogp.com

Sudah sejak 2020 lalu, Rossi memang santer dikabarkan akan pensiun dari MotoGP. Kabar itu semakin kuat di musim 2021 ini, dan akhirnya ia menyebut akan mengumumkan keputusan terkait masa depannya di MotoGP di musim panas 2021.

"Saya baru akan bicara dengan Petronas dan Yamaha pada pertengahan musim nanti. Setelah sembilan balapan, kami memiliki jeda libur musim panas. Saya kira akan memutuskan untuk tahun depan dalam periode itu, setelah sembilan balapan berlangsung," kata Valentino Rossi.

Baca Juga: Menghilangnya Taji Pembalap Italia di MotoGP 2021

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya