Comscore Tracker

Resmi! IBL Ditunda Lagi 

Awalnya, IBL akan diselenggarakan pada 15 Januari 2021

Jakarta, IDN Times - Setelah kompetisi sepak bola Indonesia yang tak kunjung mendapat kepastian, ajang liga basket Indonesia juga mengalami nasib serupa. Indonesia Basketball League (IBL) kembali mengalami penundaan.

Kabar ini disampaikan langsung oleh pihak IBL melalui pernyataan resmi mereka pada Sabtu (9/1/2021). Penundaan ini mereka lakukan sebagai bentuk ketaatan pihak IBL terhadap keputusan pemerintah, termasuk soal penerapan PPKM (Pembatasan Perlakuan Kegiatan Masyarakat).

"Dengan perkembangan situasi yang ada, IBL dan tentunya Perbasi tetap perlu menaati keputusan pemerintah sehingga untuk rencana penyelenggaraan IBL 2021 perlu ditunda hingga perkembangan yang ada berikutnya," tulis pernyataan resmi IBL.

1. IBL telah berupaya meyakinkan semua pihak

Resmi! IBL Ditunda Lagi Simulasi IBL Musim 2021 (Dok. IBL)

IBL sebenarnya telah melakukan upaya untuk meyakinkan semua pihak. Mereka sudah mempersiapkan rencana yang matang agar kompetisi IBL nanti aman dari pandemik COVID-19. Mereka bahkan direncanakan bakal menggelar sistem karantina penuh.

"Sehubungan dengan dikeluarkannya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) 2021 oleh pemerintah sejak 6 Januari 2021, maka IBL berupaya untuk kembali memastikan seluruh rencana persiapan yang telah dijalankan, di mana rencana kompetisi IBL musim 2021 akan berlangsung tangga 15 Januari 2021 dengan sistem karantina penuh dan tanpa penonton di Mahaka Square Arena, Kelapa Gading," tulis pernyataan resmi IBL.

"Seluruh dukungan dan rekomendasi yang diperlukan dari pihak-pihak terkait telah manajemen IBL dapatkan sejak awal sehingga persiapan terus diupayakan hingga mencapai tahap akhir," tambahnya.

Baca Juga: IBL 2021: Brandon Jawato dan Lester Prosper Masuk Indonesia Patriots

2. IBL apresiasi seluruh klub yang sudah melakukan persiapan

Resmi! IBL Ditunda Lagi 

Pihak IBL lebih lanjut mengucapkan berterima kasih kepada klub, pemain, ofisial, dan staf. IBL mengapresiasi semua pihak yang telah melakukan persiapan secara maksimal dan menjalankan protokol dengan ketat. Mereka juga mengapresiasi fans basket Indonesia yang selalu memberikan dukungan.

"Kami berharap kondisi ini dapat segera membaik dan semua pihak perlu saling mendukung, sehingga kompetisi olahraga kembali dipercaya untuk diselenggarakan dengan standar protokol kesehatan yang berlaku," tulis pernyataan resmi tersebut.

3. Pemerintah terapkan PPKM Jawa Bali mulai 11-25 Januari

Resmi! IBL Ditunda Lagi Infografis PPKM Jawa-Bali pada 11-25 Januari 2021 (IDN Times/Rikha Khunaifah Mastutik)

Pemerintah resmi memberlakukan pembatasan kegiatan sebagai upaya penyebaran kasus COVID-19 di pulau Jawa dan Bali. Pembatasan kegiatan ini mulai diberlakukan pada 11 hingga 25 Januari 2021.

"Pemerintah akan terus mengevalausi sehingga mobilitas di kota-kota tersebut akan dimonitor secara ketat. Pemerintah diharapkan juga mulai menerapkan program vaksin sehingga menambah kepercayaan masyarakat dengan pembatasan, bukan pelarangan. Dengan protokol kesehatan ketat dan pemerintah mengingatkan agar lebih disiplin," kata Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers, Rabu (6/1/2020).

Airlangga memastikan pembatasan kegiatan akan dilakukan secara mikro di beberapa wilayah. Yakni:

1. Seluruh wilayah DKI Jakarta
2. Provinsi Jawa Barat mencakup: Kota Bogor, kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Cimahi
2. Provinsi Banten: Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan
3. Provinsi Jawa Tengah: Semarang Raya, Solo Raya, Banyumas Raya
4. Provinsi DI Yogyakarta: Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Sleman, dan Kabupaten Kulon Progo
5. Provinsi Jawa Timur: Malang Raya dan Surabaya Raya
6. Provinsi Bali: Kota Denpasar dan Kabupaten Badung

"Penerapan dilakukan secara mikro. Nanti melalui Pemda seperti gubernur akan tentukan wilayah-wilayah yang akan dilakukan pembatasan tersebut," kata Airlangga.

Baca Juga: Jelang Kompetisi Musim 2021, IBL Gelar Simulasi

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya