Respons Lee Chong Wei Dengar Taufik Hidayat Ditawari Suap

Lee sebut Taufik Hidayat tak pernah cerita

Jakarta, IDN Times - Legenda bulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei, kaget mendengar kabar Taufik Hidayat dapat tawaran suap. Apalagi, tawaran itu datang pada ajang Asian Games 2006 di Doha, ketika keduanya akan bertemu di babak semifinal.

"Selama ini saya tidak tahu soal itu dan Taufik juga tidak memberi tahu. Saya akhirnya menelepon Taufik tentang hal itu. Dia memberi tahu saya pelakunya," ujar Lee dilansir Kantor Berita Malaysia, Bernama.

1. Lee tidak terkejut dengan pengakuan Taufik ini

Respons Lee Chong Wei Dengar Taufik Hidayat Ditawari SuapThe 4 Kings of Badminton: Taufik Hifayat (Indonesia), Lee Chong Wei (Malaysia), Lin Dan (Tiongkok), Peter Gade (Denmark) (Instagram.com/bwf.official)

Lee mengaku tidak kaget dengan pengakuan dari Taufik. Dia juga tahu tentang orang yang memberikan tawaran suap kepada Taufik di Asian Games 2006. Dia pun kesal dengan adanya orang-orang macam itu, yang menurutnya sudah seperti menjual negara sendiri.

"Selama aktif berkarier, saya bertemu banyak orang. Termasuk orang-orang macam itu. Saya bilang tidak akan pernah melakukan itu, karena bertarung demi negara. Menerima suap sama saja dengan menjual negara sendiri," ujar Lee.

Baca Juga: Cerita Taufik Hidayat Ditawari Uang Agar Mau Kalah Kontra Malaysia

2. Saran Lee bagi para atlet muda

Respons Lee Chong Wei Dengar Taufik Hidayat Ditawari Suapinstagram.com/taufikhidayatofficial

Kepada para atlet muda yang baru atau sedang menjalani karier di bulu tangkis, Lee memberikan saran. Menurutnya, akan ada orang yang datang menawarkan uang banyak, dan itu akan jadi godaan untuk atlet. Namun, Lee menyarankan agar atlet selalu fokus pada kariernya.

"Kepada atlet-atlet muda, jangan tergoda oleh uang. Karier adalah sesuatu yang lebih penting. Ketika kamu fokus ke karier, kamu akan jadi juara. Ketika juara, uang akan datang dengan sendirinya dalam bentuk sponsor, endorsement, dan lain sebagainya. Selalu lindungi negaramu," ujar Lee.

3. Taufik akui sempat dapat tawaran suap

Respons Lee Chong Wei Dengar Taufik Hidayat Ditawari SuapInstagram.com/@taufikhidayatofficial

Taufik Hidayat memberi kejutan lewat pernyataannya dalam kanal YouTube TRANS TV Official. Dia bercerita pernah disuap agar mau kalah lawan Lee Chong Wei pada gelaran Asian Games Doha 2006.

Kala itu, Taufik sempat ditanya soal bonus yang didapat jika membawa Indonesia menang. Seiring pembicaraan berlangsung, Taufi mulai merasa emosi. Pada akhirnya, Taufik menolak tawaran sebut karena dia ingin menjaga nama Indonesia.

"Gimana kalau dia yang kalah, gue yang bayar? Kamu kalau di Indonesia kayak gini, kamu gak bisa pulang. Gak mungkin saya jual nama Indonesia," ujar Taufik.

Pada akhirnya, Taufik Hidayat mengalahkan Lee Chong Wei di babak semifinal. Dia sukses keluar sebagai juara Asian Games 2006 setelah mengalahkan Lin Dan di babak final.

Baca Juga: Hendra Setiawan, Sang Captain Indonesia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya