Riwayat Cedera Marc Marquez, Mulai dari Jari hingga Bahu 

Marquez sudah alami banyak cedera

Jakarta, IDN Times - Tahun 2020 agaknya menjadi tahun yang kelabu buat Marc Marquez. Pebalap Honda tersebut mengalami cedera patah lengan setelah terlibat crash dalam seri pertama MotoGP 2020 di Jerez, Juli lalu.

Sejatinya, kondisi Marquez sempat membaik. Namun, cederanya malah kambuh saat ia mencoba membuka jendela di rumahnya. Ia pun harus menjalani operasi kedua pada Agustus. Masa pemulihan yang lama membuat Marquez harus absen di sisa seri MotoGP 2020.

Desember ini, Marquez resmi menjalani operasi ketiga. Operasi itu berlangsung pada Kamis 3 Desember 2020 di Rumah Sakit Ruber Internacional, Madrid. Akibat operasi ini, Marquez diprediksi akan absen lebih lama lagi dan baru bisa membalap pada Juni 2021.

Selama kariernya, Marquez memang cukup sering terkena cedera. Berikut adalah cedera-cedera yang pernah didapatkan oleh pebalap berjuluk Baby Alien tersebut

1. Cedera bahu di kelas 125cc

Riwayat Cedera Marc Marquez, Mulai dari Jari hingga Bahu motogp.com

Baca Juga: Marc Marquez Masih Berkutat dengan Cedera, Bagaimana Nasib Honda?

Saat masih tampil di kelas 125cc, Marquez pernah mengalami cedera. Itu terjadi saat ia menjalani sesi balap di ajang GP Spanyol 2010 yang dihelat di Jerez, Spanyol. Marquez yang tengah menggeber motornya mengalami kecelakaan.

Pipa knalpot motor yang ia kendarai jatuh dan masuk ke bawah roda belakang. Hal itu mengakibatkan Marquez terjatuh dari motornya dan bahunya terkena cedera. Ini adalah cedera pertama yang Marquez dapat di dunia balap profesional.

2. Cedera retak jari kelingking kanan dan jempol kaki kiri

Riwayat Cedera Marc Marquez, Mulai dari Jari hingga Bahu motogp.com

Pada 2013, Marquez yang sudah naik kelas ke MotoGP mendapatkan cedera lagi. Kali ini, ia menderita cedera retak jari kelingking kanan dan jempol kaki kiri.

Cedera ini ia dapat saat menjalani sesi latihan bebas ketiga di Assen. Namun, meski menderita cedera dan memengaruhi kondisinya, Marquez tetap tampil gemilang. Dalam sesi balap di Assen, ia mampu masuk podium di peringkat ketiga.

3. Cedera retak jari tengah kiri

Riwayat Cedera Marc Marquez, Mulai dari Jari hingga Bahu motogp.com

Pada 2015, Marquez kembali menderita cedera retak jari. Kali ini, retak itu menimpa jari tengah kirinya. Cedera ini ia dapat saat menjalani sesi latihan khusus menggunakan motor trail, jelang GP Spanyol.

Meski begitu, terlepas dari cedera yang ia alami, Marquez tetap tampil prima di Jerez. Ia mampu masuk podium dan menduduki peringkat kedua, di bawah Jorge Lorenzo yang meraih peringkat pertama

4. Cedera bahu kanan

Riwayat Cedera Marc Marquez, Mulai dari Jari hingga Bahu Marc Marquez dan rekan setimnya di Repsol Honda, Jorge Lorenzo, jelang musim balap 2019. twitter/marcmarquez93

Pada 2019, Marquez yang baru saja selesai menjalani operasi di bahu kirinya, terkena cedera lagi di bahu kanannya. Cedera ini ia dapat saat menjalani tes di Jerez, Spanyol.

Gara-gara cedera ini, ia harus kembali menjalani operasi bahu lagi, setelah setahun sebelumnya ia juga melakukan operasi bahu. Operasi ini Marc Marquez jalani setelah musim 2019 rampung, sebagai persiapan untuk ajang MotoGP 2020.

Baca Juga: Tanpa Marc Marquez, Semua Bisa Jadi Juara di MotoGP!

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya