Comscore Tracker

Sah, Indonesia Raih 5 Medali di Olimpiade Tokyo 2020

Indonesia dapat dua perunggu, satu perak, dan sekeping emas

Jakarta, IDN Times - Selesai sudah perjuangan kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. Dari total 28 atlet yang berlaga, semuanya sudah melakoni pertandingan di #Tokyo2020. Total, ada lima medali yang sukses disabet Indonesia.

Nurul Akmal jadi penutup wakil Indonesia yang berlaga di Olimpiade Tokyo. Dia bertanding di nomor +87 kg putri pada Senin (2/8/2021). Selain Nurul, ada 27 atlet lain yang juga sudah bertanding dalam delapan cabang olahraga. Siapa saja yang sukses meraih medali?

1. Angkat besi sumbang tiga medali

Sah, Indonesia Raih 5 Medali di Olimpiade Tokyo 2020Atlet angkat besi Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah di Olimpiade Tokyo 2020 (Dok. NOC Indonesia)

Dari cabor angkat besi, total ada tiga medali yang sukses diraih oleh Indonesia di Olimpiade Tokyo. Rinciannya, angkat besi menyumbang dua medali perunggu dan satu perak.

Medali perunggu sukses didapat oleh Windy Cantika Aisah dari nomor 49 kg putri, serta Rahmat Erwin Abdullah dari nomor 73 kg putra. Sedangkan untuk medali perak, disumbangkan oleh Eko Yuli Irawan dari nomor 61 kg putra.

Berkat catatan ini, tradisi angkat besi yang selalu menyumbangkan medali untuk Indonesia di Olimpiade sejak 2008 silam tetap terjaga. Namun, Indonesia masih belum mampu menghentikan dominasi Tiongkok di Olimpiade Tokyo.

Baca Juga: Momen Greysia Polii Tertunduk, Sujud, Hingga Menangis Kencang

2. Tradisi emas bulu tangkis Olimpiade terjaga

Sah, Indonesia Raih 5 Medali di Olimpiade Tokyo 2020Pebulutangkis ganda Putri Indonesia Greysia Pollii/Apriyani Rahayu mendapatkan medali emas di Olimpiade Tokyo 2020 pada Senin (2/8/2021). (dok. NOC Indonesia)

Sedangkan untuk medali emas, berhasil disumbangkan oleh tim bulu tangkis Indonesia. Emas itu lahir dari ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Bertanding di Musashino Forest Arena, Senin (2/8/2021), mereka sukses menundukkan Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dalam partai final dua gim langsung, 21-19 21-15.

Satu medali lain juga disumbangkan oleh bulu tangkis. Adalah Anthony Sinisuka Ginting yang berhasil menggaet medali perunggu setelah mengalahkan Kevin Cordon dalam dua gim, 21-11 21-13, di laga perebutan tempat ketiga Olimpiade Tokyo 2020.

Berkat emas dari Greysia/Apriyani ini, tradisi emas bulu tangkis Indonesia di Olimpiade tetap terjaga. Mereka sukses mengikuti jejak Susy Susanti, Alan Budikusuma, Markis Kido (alm.)/Hendra Setiawan, Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir, serta Ricky Subagja/Rexy Mainaky yang juga meraih emas.

3. Peningkatan raihan dari Olimpiade Rio 2016

Sah, Indonesia Raih 5 Medali di Olimpiade Tokyo 2020Suasana stadion jelang pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 di Stadion Nasional Jepang,Tokyo, Jepang, Jumat (23/7/2021). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.

Torehan Indonesia di #Tokyo2020 ini meningkat dibandingkan pencapaian di Olimpiade Rio 2016 silam. Empat tahun silam, Indonesia hanya sanggup menyabet tiga medali di Rio 2016, dengan rincian satu medali emas dan dua perak.

Emas Indonesia disumbangkan dari bulu tangkis saat itu oleh Tontowi/Lilyana, sedangkan dua medali perak disumbangkan oleh Eko Yuli dan Sri Wahyuni dari angkat besi. Setidaknya, dengan raihan lima medali di Olimpiade Tokyo 2020, ada peningkatan yang ditunjukkan Indonesia.

Baca Juga: Greysia Polii, Cerita Pejuang dan Bangkit dari Keterpurukan

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya