Sandiaga Uno Pastikan MotoGP Mandalika Bakal Tetap Berjalan

MotoGP Mandalika masih dalam proses persiapan

Jakarta, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menegaskan, gelaran MotoGP Mandalika bakal tetap berjalan. Dia menjamin, penerapan protokol perjalanan antarnegara, termasuk travel bubble, akan terus berjalan.

"Jadi kami sudah menyampaikan bahwa the show must go on dengan menyiapkan travel bubble, merupakan best practice yang selama ini dilakukan terhadap kru dan pembalap pada acara serupa sebelumnya," ujar Sandiaga, dilansir ANTARA, Sabtu (22/1/2022) malam.

1. Travel bubble juga pernah diterapkan pada WSBK 2021

Sandiaga Uno Pastikan MotoGP Mandalika Bakal Tetap BerjalanPenonton WSBK di Sirkuit Pertamina Mandalika nunggu race 1 di tribun Red B IDN Times/Ahmad Viqi

Penerapan bubble ini juga pernah dicoba dalam beberapa ajang internasional, termasuk gelaran World Superbike (WSBK) 2021. Malah, sistem ini akan ditingkatkan lagi untuk mengurangi potensi penyebaran COVID-19 yang diakibatkan oleh varian Omicron.

"Ini arahan dari Presiden (Joko Widodo) juga. Saya yakin semua pihak bergandengan tangan untuk menyiapkan dan memastikan MotoGP ini sinyal kepada dunia tentang kesiapan kami untuk menyelenggarakan event internasional, seperti G20 dan acara internasional lainnya," ujar Sandiaga.

Baca Juga: Tim Pembalap MotoGP Tetap Jalani Karantina 24 Jam Usai Tiba di Lombok

2. Sandiaga minta semua pihak menjaga prokes dengan ketat

Sandiaga Uno Pastikan MotoGP Mandalika Bakal Tetap BerjalanSirkuit Internasional Mandalika (instagram.com/themandalikagp)

Saat ini, panitia penyelenggara MotoGP Mandalika rutin berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), melalui Satuan Tugas (Satgas) COVID-19, untuk mengendalikan penyebaran COVID-19. Sandiaga pun meminta semua pihak menjaga protokol ini dengan ketat.

"Ini yang terus kami komunikasikan, ada aturan travel bubble, yakni dalam 1x24 jam seluruh kru, pembalap, dan ofisial, akan menjalani bubble sejak mereka tiba di bandara sampai ke hotel setelah menjalankan tes PCR. Ini sudah disesuaikan dengan aturan Kemenkes," tutur Sandiaga.

3. Infrastruktur Mandalika diperkirakan rampung pada Maret

Sandiaga Uno Pastikan MotoGP Mandalika Bakal Tetap BerjalanSalah satu tikungan di sirkuit Mandalika (instagram.com/themandalikagp)

Komandan Lapangan MotoGP Mandalika, Hadi Tjahjanto, menyebutkan pembenahan sirkuit dan seluruh infrastruktur penunjang Mandalika akan rampung pada 14 Maret 2022. Intinya, pada Maret, Mandalika sudah siap menggelar MotoGP.

"Termasuk observation gate yang dibangun di bukit 360 derajat dan Insya Allah, 14 Maret 2022, sebelum gelaran MotoGP Mandalika pada 18 Maret 2022, sudah selesai semua," ujar Hadi.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya