Comscore Tracker

SEA Games 2021: Tampil Apik, Tim Putri Indonesia ke Final Bulu Tangkis

Srikandi bulu tangkis melaju ke final SEA Games

Jakarta, IDN Times - Tim badminton putri Indonesia sukses melangkah ke final SEA Games 2021. Bertanding di Bac Gymnasium, Selasa (17/5/2022) pagi, para Srikandi Merah Putih ini menundukkan Vietnam dengan skor 3-1.

Kemenangan tim putri Indonesia diinspirasi tunggal putri Putri Kusuma Wardani dan dua debutan ganda putri, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Ribka Sugiarto/Febby Valencia Dwijayanti Gani. Mereka tampil apik di laga kali ini.

1. Putri Kusuma Wardani bekuk pemain veteran

SEA Games 2021: Tampil Apik, Tim Putri Indonesia ke Final Bulu TangkisTim Putri Indonesia lolos ke cabor Bulu Tangkis SEA Games 2021. (dok. Komite Olimpiade Indonesia)

Putri Kusuma Wardani menunjukkan kematangannya di laga semifinal. Bersua pemain veteran Vietnam, Vu Thi Trang, Putri menang dalam tiga gim 21-19, 16-21, 21-15. Putri pun mensyukuri hasil yang dia dapat, kendati sempat kalah di gim kedua.

"Di gim pertama saya sudah enjoy mainnya, tapi masih kagok sama bola-bolanya dia. Di gim kedua dia lebih mengontrol permainan, depannya keduluan terus. Di gim ketiga saya coba lebih menekan dan bermain safe," ujar Putri selepas pertandingan.

Lebih lanjut, Putri mengatakan bahwa dia sangat menikmati suasana pertandingan beregu. Tekanan penonton, yang kebanyakan diisi oleh pendukung Vietnam pun menjadi keseruan tersendiri untuknya.

"Banyak yang dukung teman-teman di belakang. Saya jadi lebih termotivasi. Apalagi di sini kan ramai juga pendukung tuan rumah, seru saja bisa menghadapi tekanan itu," lanjut Putri.

Baca Juga: Atlet Sepeda Raih Medali SEA Games, Kapolri Siap Kirim Nasi Goreng

2. Ganda putri Indonesia berjaya

SEA Games 2021: Tampil Apik, Tim Putri Indonesia ke Final Bulu TangkisTim Putri Indonesia lolos ke cabor Bulu Tangkis SEA Games 2021. (dok. Komite Olimpiade Indonesia)

Selain Putri, dua ganda Indonesia juga berhasil memenangi laga. Apriyani/Fadia menang dua gim 21-3, 21-9 atas Pham Thi Khanh/Than Van Anh. Ribka/Febby juga menang dua gim atas Do Thi Hoai/Pham Nhu Thao, 21-13, 21-14.

Fadia mengaku, di awal-awal pertandingan, dia dan Apriyani sempat mencari suasana pertandingan. Setelah suasana pertandingan dapat, ditambah chemistry dengan Apriyani yang terbentuk, laga pun lebih mudah untuk dilalui.

"Kita tadi cari suasana pertandingannya dulu. Kondisi lapangan, angin dan lain-lain. Senang rasanya diduetkan dengan kak Apri. Saya mau mengeluarkan seluruh kemampuan, tidak mau menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan," ujar Fadia.

Sementara itu, meski meraih kemenangan. Ribka/Febby mengaku belum tampil maksimal. Ritme permainan masih menjadi kendala yang harus diperbaiki. Mereka pun berharap bisa tampil lebih baik di final

"Karena ini pertandingan pertama saya dengan Febby, ritme dan polanya masih belum bagus. Masih ada salah-salah pergerakan. Semoga besok di final bisa lebih baik," ujar Ribka.

3. PBSI apresiasi kelolosan tim putri ke final SEA Games 2021

SEA Games 2021: Tampil Apik, Tim Putri Indonesia ke Final Bulu TangkisTim Putri Indonesia lolos ke cabor Bulu Tangkis SEA Games 2021. (dok. Komite Olimpiade Indonesia)

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Rionny Mainaky mengapresiasi penampilan tim beregu putri yang sukses lolos ke final. Di final nanti, Indonesia dijadwalkan akan bertemu Thailand yang juga menang di semifinal.

"Untuk besok di final kami bertemu Thailand. Dari skuad mereka memang harus diakui agak di atas terutama di nomor tunggal. Tapi kami akan tampil mati-matian," ujar Rionny.

Berikut hasil semifinal tim badminton putri Indonesia lawan Vietnam:

Tunggal 1: Gregoria Mariska Tunjung vs Nguyen Thuy Linh 21-14, 17-21, 16-21

Ganda 1: Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Pham Thi Khanh/Than Van Anh 21-3, 21-9

Tunggal 2: Putri Kusuma Wardani/Vu Thi Trang (B) 21-19, 16-21, 21-15

Ganda 2: Ribka Sugiarto/Febby Valencia Dwijayanti Gani vs Do Thi Hoai/Pham Nhu Thao 21-13, 21-14

Tunggal 3: Stephanie Widjaja vs Vu Thi Anh Thu (tidak dimainkan)

Baca Juga: Skuad Bulu Tangkis Putra Indonesia di SEA Games 2021, Siapa Saja?

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya