Sederet Pembalap MotoGP yang Meninggal Akibat Kecelakaan

Mereka akan dikenang di dunia MotoGP

Jakarta, IDN Times - Ajang balap motor, baik itu Moto3, Moto2, hingga MotoGP sekalipun, tidak luput dari risiko kecelakaan. Bukan cuma itu, risiko meninggal dunia di sirkuit bagi pembalap itu nyata adanya.

Terbaru, pembalap Moto3, Jason Dupasquier, tutup usia pada Minggu (30/5/2021) setelah mengalami kecelakaan fatal dalam MotoGP Italia di sirkuit Mugello. Dupasquier terhantam dari belakang oleh pembalap lain, Ayumu Sasaki, saat terjatuh dari motornya.

Ditambah, tubuh Dupasquier juga dihantam lagi oleh motor yang dikendalikan Jeremy Alcoba. Dua hantaman ini yang bikin Dupasquier cedera parah, hingga akhirnya meregang nyawa di rumah sakit.

Selain Dupasquier, ada juga sejumlah pembalap lain yang meninggal dunia di sirkuit dalam 20 tahun terakhir. Berikut adalah nama-namanya.

1. Daijiro Kato

Sederet Pembalap MotoGP yang Meninggal Akibat Kecelakaanmotogp.com

Pada 2003, MotoGP berduka. Mereka kehilangan pembalap asal Jepang, Daijiro Kato, yang mengalami kecelakaan di sirkuit Suzuka, Jepang. Dia menabrak pembatas sirkuit usai terjatuh dari motor dalam kecepatan 200 kilometer per jam.

Kato menderita cedera parah di kepala, leher, dan dada, akibat kecelakaan ini. Setelah mengalami keadaan koma selama dua minggu di rumah sakit, Kato dinyatakan meninggal dunia akibat cedera parah yang menimpa tungkai otak.

Baca Juga: Kontroversi MotoGP Mugello Usai Tewasnya Jason Dupasquier

2. Shoya Tomizawa

Sederet Pembalap MotoGP yang Meninggal Akibat Kecelakaanmotogp.com

Pada 2010, dunia balap kembali berkabung. Kini, giliran Shoya Tomizawa, pembalap Moto2 asal Jepang, yang meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan parah di sirkuit Misano. Dia meninggal dalam usia yang masih muda, yakni 19 tahun.

Jadi, ketika itu Tomizawa terjatuh di Misano, tepatnya di tikungan Curvone. Pada saat yang bersamaan, dia terhantam oleh motor Scott Redding dan Alex de Angelis yang datang dari belakang. Dia mengalami cedera parah, dan akhirnya dinyatakan meninggal dunia setelah dibawa ke rumah sakit di Riccione.

3. Luis Salom

Sederet Pembalap MotoGP yang Meninggal Akibat Kecelakaanwikipedia.com

Enam tahun setelah kejadian Tomizawa, giliran Luis Salom yang meninggal dunia akibat kecelakaan di sesi latihan bebas kedua MotoGP Catalunya. Kamera di dekat belokan 13 sirkuit Catalunya berhasil menangkap penyebab kecelakaan dari Salom.

Jadi, ketika itu motor Salom menabrak pembatas sirkuit. Motornya lalu melayang ke depan. Tubuh Salom terpental dalam kondisi yang kencang dan sempat membentur motornya sendiri. Dia kemudian dibawa ke rumah sakit. Namun, nyawanya tidak tertolong.

4. Marco Simoncelli

Sederet Pembalap MotoGP yang Meninggal Akibat Kecelakaannewmotoring

Salah satu kehilangan besar di MotoGP terjadi pada 2011 silam. Saat itu, salah satu pembalap berbakat asal Italia, Marco Simoncelli, meninggal dunia dalam sesi balapan MotoGP di Sepang, Malaysia.

Jadi, Simoncelli mengalami kecelakaan di tikungan 11 sirkuit Sepang. Nah, setelah terjatuh dari motornya, tubuh Simoncelli terhantam oleh motor Colin Edwards dan Valentino Rossi. Sialnya lagi, helm Simoncelli lepas saat itu sehingga kepalanya langsung terhantam tanpa pelindung.

Simoncelli sempat dibawa ke rumah sakit. Namun, akibat cedera parah di kepala, leher, dan dadanya, dia langsung meninggal dunia. Salah satu kehilangan yang cukup disesali, apalagi Simoncelli juga disebut sebagai salah satu pembalap menjanjikan di ajang MotoGP saat itu.

Baca Juga: Kronologi Kecelakaan Horor yang Tewaskan Jason Dupasquier

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya