Serba-Serbi soal Tes MotoGP 2022 di Sepang

Tes MotoGP 2022 akan berlangsung awal Februari

Jakarta, IDN Times - Setelah menjalani masa libur, para pembalap MotoGP akan kembali memanaskan mesin. Pada awal Februari, tepatnya tanggal 5 dan 6 Februari 2022, mereka akan melakoni tes resmi jelang bergulirnya MotoGP 2022.

Tes ini akan dilaksanakan di Sirkuit Sepang, Malaysia. Sebelumnya, ada Shakedown Test yang dilaksanakan pada 31 Januari sampai 2 Februari. Apa saja yang harus diperhatikan dalam tes MotoGP 2022 di Sepang nanti?

Baca Juga: Ribuan Tiket Balapan MotoGP Mandalika Laris Terjual Setiap Hari

1. Kembalinya Marc Marquez

Serba-Serbi soal Tes MotoGP 2022 di Sepangmotogp.com

Setelah absen karena mengalami cedera diplopia jelang musim 2021 tuntas, Marc Marquez akhirnya dipastikan akan menjajal sesi tes MotoGP 2022 di Sepang dan tentunya di Mandalika. Kabar ini jelas menjadi kabar baik bagi Honda.

Kehadiran Marquez akan membuat Honda mampu mempersiapkan RC123V dengan lebih baik. Masukan-masukan dari Marquez akan membuat pengembangan RC123V jadi lebih baik, tidak seperti 2020 lalu ketika sesi tes tidak dihiasi nama Marquez.

Baca Juga: Marc Marquez Dipastikan Jajal Sepang dan Mandalika

2. Menanti gebrakan Suzuki dan Ducati

Serba-Serbi soal Tes MotoGP 2022 di SepangDucati (motogp.com)

Selain Honda, dua pabrikan lain yang juga harus diperhatikan di sesi tes nanti adalah Suzuki dan Ducati. Dilansir situs resmi MotoGP, para teknisi Suzuki tengah berusaha mengembangkan lagi GSX-RR agar lebih kompetitif. Hal itu semata untuk menopang Joan Mir.

Sedangkan Ducati, menarik untuk menantikan inovasi yang akan mereka lakukan kembali. Setelah meraih gelar sebagai pabrikan terbaik pada 2021, mereka tentu tak akam berhenti untuk berkreasi. Desmosedici GP 22 tengah dalam proses pematangan.

3. Gebrakan tim utama dan satelit Yamaha di MotoGP 2022

Serba-Serbi soal Tes MotoGP 2022 di SepangSuzuki di antara Yamaha dan Ducati di sirkuit MotoGP. (motogp.com)

Satu pabrikan lain yang juga harus diperhatikan adalah Yamaha. Setelah meraih gelar pada 2021 lewat Fabio Quartararo, perubahan tetap harus mereka lakukan karena Yamaha sejatinya masih kalah saing dari Ducati. Perubahan juga terjadi di tim satelit.

Menggandeng sponsor baru dan berganti nama menjadi RNF Yamaha, tim satelit ini siap menggebrak dengan menghadirkan nama Andrea Dovizioso dan Darryn Binder. Namun, mereka kini tengah mengembangkan M1 agar sesuai dengan keinginan para pembalap.

Berikut adalah jadwal lengkap sesi tes MotoGP 2022

31 Januari - 2 Februari di Sepang, Malaysia – Tes shakedown MotoGP
5-6 Februari di Sepang, Malaysia - tes MotoGP 2022 pertama
11-13 Februari di Sirkuit Mandalika - tes MotoGP 2022 kedua

Baca Juga: Resmi di MotoGP, Darryn Binder Tidak Peduli Siapa yang Mengkritik

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya