Stephen Curry Buka Suara soal Tudingan Hancurkan Basket

Gemarnya Curry menembak dianggap aneh

Jakarta, IDN Times - Stephen Curry mendapatkan kritik. Selain dianggap sebagai pembawa revolusi di NBA, ada beberapa pengamat yang mengkritik gaya mainnya. Curry malah dianggap mengacaukan dunia basket itu sendiri.

Dilansir Marca, pengamat-pengamat lawas NBA berpendapat basket harus diisi oleh adu fisik yang kentara. Era keemasan basket di masa lampau banyak berisikan pemain-pemain macam itu, dibandingkan yang doyan menembak tiga angka.

Alhasil, Kobe Bryant, LeBron James, dan Michael Jordan, dianggap lebih mumpuni karena tak segan beradu fisik dengan lawan. Sedangkan, Curry dianggap hanya merusak permainan basket gegara gemar mencetak angka lewat tiga poin. Bagaimana respons Curry?

1. Curry melawan kritik tersebut

Stephen Curry Buka Suara soal Tudingan Hancurkan Basketsportingnews.com

Dalam wawancaranya dengan The Athletic, Curry tidak terima dengan kritik ini. Menurutnya, apa yang coba dia bawa ke NBA justru membawa dimensi baru dalam dunia basket secara global.

"Saya disebut oleh seseorang di media sosial, yang mengatakan telah mengacaukan basket. Semua yang tahu basket juga paham, saya menolak itu. Asal tahu saja, menembak adalah salah satu cara terbaik dalam bermain basket. Ada kreativitas yang terbuka di situ," ujar Curry.

Baca Juga: Sambutan Meriah untuk Stephen Curry di Chase Center

2. Hasil dari praktik dan latihan tanpa henti

Stephen Curry Buka Suara soal Tudingan Hancurkan BasketPebasket Golden State Warriors Stephen Curry (ANTARA FOTO/Dale Zanine-USA TODAY Sports via Reuters)

Curry juga mengungkapkan, mengubah basket dengan tembakan tiga angka juga harus melalui proses panjang. Sama seperti pemain gemar adu fisik, mereka yang lihai melakukan tembakan tiga angka juga melalui latihan berat sepanjang kariernya.

"Semua senang menembak. Namun, untuk jadi hebat, latihan keras adalah hal yang wajib dilakukan setiap tahunnya. Jangan sampai proses latihan ini terlewat, jika memang ada level tinggi yang berusaha dicapai. Intinya, saya senang main dengan cara seperti ini," tutur Curry.

3. Curry masih jadi andalan Golden State Warriors

Stephen Curry Buka Suara soal Tudingan Hancurkan BasketPebasket Golden State Warriors Stephen Curry (kedua kanan) dilanggar pebasket Los Angeles Clippers guard Luke Kennard (5) dalam laga lanjutan NBA, di Chase Center, San Francisco, California, Amerika Serikat, Jumat (8/1/2021). Golden State Warriors berhasil menggalahkan Angeles Clippers 115 - 105 (ANTARA FOTO/Reuters-Kelley L Cox-USA TODAY Sports)

Toh, meski cara mainnya ini dikritik, Curry masih jadi andalan Golden State Warriors sampai sekarang. Tembakan-tembakan tiga poinnya inilah yang membawa Warriors bersaing dengan tim-tim lain di NBA, tak terkecuali musim ini.

Terbaru, Stephen Curry membawa Warriors menumbangkan Detroit Pistons dengan skor 102-86. Di laga ini, Curry mencetak 18 poin. Catatan ini sekaligus membayar hutang Curry, yang harus rela menyaksikan timnya kalah dari Minnesota Timberwolves beberapa hari lalu.

Baca Juga: Stephen Curry Kasih Warna Baru di NBA

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya