Comscore Tracker

Sukses Raih Emas SEA Games 2021, Eko Yuli Tantang Juniornya

Eko Yuli meraih emas keenam di SEA Games sejak 2007 silam

Jakarta, IDN Times - Eko Yuli Irawan sukses meraih medali emas SEA Games 2021 cabang olahraga (cabor) angkat besi kelas 61 kg putra. Persembahan ini sekaligus jadi pembuktian, dirinya masih mampu memberikan prestasi meski sudah berusia 32 tahun.

Eko pun langsung memberi pesan kepada semua juniornya yang ada di cabang olahraga angkat besi. Menurutnya, jika yang muda memang ingin meraih prestasi di event internasional, mereka harus bisa melampaui dirinya, kendati sekarang dia sudah berumur.

"Selagi saya masih nomor satu kenapa tidak? Kalau yang mudanya ingin tampil di sini harus kalahkan saya dulu. Kalau saya bisa kalah, berarti kan tahu kualitas mereka seperti apa. Kita mendidiknya seperti itu," ujar Eko dalam keterangan resmi NOC Indonesia.

1. Eko dihambat persiapan mepet jelang SEA Games 2021

Sukses Raih Emas SEA Games 2021, Eko Yuli  Tantang JuniornyaEko Yuli Irawan sumbang medali emas dari SEA Games 2021 (dok. NOC Indonesia)

Eko mengaku, persiapannya menuju SEA Games 2021 sendiri tak maksimal. Persiapan yang mepet, membuatnya jadi tak bisa memberikan penampilan terbaik. Hal ini juga yang jadi alasan total angkatannya lebih rendah. Meski begitu, Eko tetap meraih emas.

"Memang ini persiapan paling mepet. Namun, saya di sini mencari medali emas. Kalau memang memungkinkan baru melampaui (rekor)," kata Eko.

Baca Juga: [BREAKING] Yes! Eko Yuli Irawan Sumbang Emas SEA Games 2021

2. Menpora apresiasi capaian dari Eko

Sukses Raih Emas SEA Games 2021, Eko Yuli  Tantang JuniornyaEko Yuli Irawan sumbang medali emas dari SEA Games 2021 (dok. NOC Indonesia)

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yang turut menyaksikan laga, mengapresiasi capaian dari Eko ini. Dia pun berharap, atlet-atlet lain akan termotivasi oleh capaian dari Eko Yuli ini.

"Saya berharap medali emas yang diberikan Eko Yuli memotivasi lifter kita lainnya, masih ada Rahmat Erwin Abdullah, Rizky Amel Sabira, dll yang akan bertanding berikutnya,” kata Zainudin.

3. Eko mengalahkan wakil Malaysia dan Vietnam

Sukses Raih Emas SEA Games 2021, Eko Yuli  Tantang JuniornyaEko Yuli Irawan sumbang medali emas dari SEA Games 2021 (dok. NOC Indonesia)

Dalam laga yang dihelat di Hanoi Sports Training and Competition Center, Jumat (20/5/2022), Eko mencatatkan total angkatan 290 kg (135 kg snatch dan clean & jerk 155 kg).

Total angkatannya ini tak mampu diungguli lifter dari negara lain. Medali perak diraih wakil Malaysia, Muhamad Aznil Bidin (287 kg) dan medali perunggu menjadi milik atlet tuan rumah, Nguyen Ngoc Trung (286 kg).

Medali emas SEA Games 2021 ini jadi medali emas keenam Eko Yuli sepanjang keikutsertannya di ajang SEA Games. Ia sudah berpartisipasi di pesta sepak bola antar Asia Tenggara itu sejak 2007 di Nakhon Ratchasima, Thailand.

Baca Juga: Hadiah Kemerdekaan dan Penasarannya Eko Yuli dengan Emas Olimpiade

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya