Comscore Tracker

Suns ke Final Conference NBA, Nikola Jokic Jadi Pesakitan

Jokic gagal membawa timnya menang

Jakarta, IDN Times - Phoenix Suns menjadi tim yang pertama kali memastikan diri masuk ke babak final Conference NBA 2020/21. Ketika Suns berbahagia, pemain Denver Nuggets yang baru ditahbiskan menjadi MVP, Nikola Jokic, justru jadi pesakitan.

Suns berhasil menundukkan Nuggets di gim keempat babak semifinal Conference NBA dengan skor 125-118. Berkat kemenangan ini, Suns pun unggul 4-0 atas Nuggets, dan keunggulan ini sudah tidak mungkin lagi dikejar Nuggets di gim-gim selanjutnya.

Namun, khusus di gim keempat, nama Jokic menjadi sorotan. Selain karena torehan 22 poinnya yang gagal membawa Nuggets menang, ia sempat terlibat ribut dengan beberapa pemain Suns, seperti Devin Booker dan Cameron Payne.

1. Jokic melanggar Payne, ribut dengan Booker

Suns ke Final Conference NBA, Nikola Jokic Jadi Pesakitansportscasting.com

Di kuarter ketiga, Jokic melanggar Payne dengan keras. Ketika keduanya berduel, entah disengaja atau tidak, lengan Jokic mengenai Payne sehingga membuat bola yang sedang dipegang Payne sampai terlepas.

Melihat kejadian itu, Booker selaku rekan setim Payne langsung menghampiri Jokic dan bersitegang dengannya. Keduanya pun dipisahkan, namun setelah itu, tensi laga sempat meninggi.

Untuk menurunkan tensi, Jokic menghampiri Payne dan meminta maaf kepadanya. Akan tetapi, wasit tidak abai akan kejadian tersebut. Mereka langsung menghukum Jokic, dan ia tidak bisa bermain lagi di sisa waktu pertandingan.

Baca Juga: Bangkitnya Bucks dan Sixers di Semifinal Conference NBA

2. Hukuman untuk Jokic dianggap terlalu keras

Suns ke Final Conference NBA, Nikola Jokic Jadi PesakitanAssociated Press Photo/Nick Wass

Beberapa pemain NBA lain memberikan pendapatnya terkait hukuman yang diberikan kepada Jokic. Di antaranya adalah Trae Young dan Ja Morant. Menurut mereka, hukuman untuk Jokic ini terlalu keras.

"Ini babak play-off, eliminasi, cukup dengan hukuman ringan dan play ball, laga bisa berjalan kembali," ujar Morant dalam cuitan di akun Twitter-nya.

"Pelanggaran berat? Wow," cuit Young.

3. Jokic akui lakukan pelanggaran berat

Suns ke Final Conference NBA, Nikola Jokic Jadi Pesakitantheunionjournal.com

Jokic akhirnya mengakui memang sudah berencana melakukan pelanggaran berat di laga ini. Tujuannya, untuk mengubah jalannya pertandingan dan memberikan semangat kepada tim.

Namun, ia pun sedikit aneh jika sampai dikeluarkan, karena tidak bertujuan membuat Payne cedera. Alhasil, keputusan wasit mengeluarkannya di laga lawan Suns ini menghadirkan keterkejutan tersendiri untuk Jokic.

"Apakah saya melukainya (Payne)? Saya tidak tahu, dan saya minta maaf karena saya tidak ada niatan untuk melukainya. Tetapi, saya juga sejujurnya tidak menyangka bahwa akhirnya saya dikeluarkan," ujar Jokic.

Ya, nasi sudah menjadi bubur. Pada akhirnya, upaya yang dilakukan Jokic ini gagal membawa Nuggets menang. Alhasil, Phoenix Suns yang berhak atas satu tempat di final Conference NBA 2020/21.

Baca Juga: MVP NBA 2020/21: Rezeki Mendadak Nikola Jokic

Topic:

  • Jihad Akbar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya