Susul Joan Mir, Alex Rins Buka Kans Pindah ke Honda Musim Depan

Rins akan merapat ke LCR Honda

Jakarta, IDN Times - Para pembalap Suzuki agaknya sudah mulai memikirkan masa depan mereka di MotoGP 2023. Setelah Joan Mir, kini giliran Alex Rins yang membuka potensi untuk hijrah ke Honda musim depan.

Jika Mir memilih untuk jadi rekan Marc Marquez di Repsol Honda, Rins tengah melakukan pembicaraan dengan tim LCR Honda. Kabar ini pun dikonfirmasi Manajer Honda, Alberto Puig.

"Honda tengah melakukan pembicaraan dengan dua pembalap Suzuki, yang langsung menghubungi kami selepas berita mundurnya Suzuki dari MotoGP merebak," ujar Puig, dilansir Autosport.

1. LCR Honda tengah melakukan evaluasi

Susul Joan Mir, Alex Rins Buka Kans Pindah ke Honda Musim Depanmotogp.com

Tim LCR Honda sendiri saat ini dikabarkan tengah melakukan evaluasi terkait performa tim sepanjang 2022. Dua pembalap mereka, Alex Marquez dan Takaaki Nakagami, berpotensi besar digantikan pembalap baru di musim 2023.

Di antara dua nama itu, Nakagami kemungkinan akan diturunkan menjadi pembalap penguji, menemani Stefan Bradl sebagai pembalap penguji Repsol Honda. Dengan demikian, akan ada satu slot yang bisa diisi Rins.

Baca Juga: Takaaki Nakagami Berdamai dengan Francesco Bagnaia dan Alex Rins

2. Beberapa pembalap diisukan merapat ke LCR Honda

Susul Joan Mir, Alex Rins Buka Kans Pindah ke Honda Musim Depanmotogp.com

Selain Rins, beberapa pembalap lain juga diisukan akan merapat ke LCR Honda. Ada nama Jack Miller yang sempat masuk daftar. Namun, pada akhirnya sosok asal Australia itu memilih untuk merapat ke KTM bersama Brad Binder.

Nah, buah dari pergerakan ini membawa nama Miguel Oliveira sebagai kandidat untuk mengisi garasi LCR Honda musim depan. Namun, seiring berjalannya MotoGP 2022, semua masih bisa terjadi.

3. Mir sudah melakukan deklarasi terlebih dulu

Susul Joan Mir, Alex Rins Buka Kans Pindah ke Honda Musim DepanJoan Mir pada sesi konferensi persi di GP Spanyol (motogp.com)

Sebelum Rins dikabarkan menjalin pembicaraan dengan Honda, Mir sudah mendeklarasikan diri siap menjadi rekan Marquez musim depan. Dia pun siap menghadapi intimidasi Marquez yang begitu kuat terhadap rekan setim.

"Tentu saya berani jadi rekan setim Marquez, meski banyak pembalap yang kerap diceramahi Marquez ketika satu tim dengannya di Honda. Saya tidak takut dengan itu," ujar Mir.

Terlepas dari situasi yang ada, Joan Mir dan Alex Rins kini tengah berupaya membawa Suzuki bersaing di papan atas klasemen MotoGP 2022. Namun, jika akhirnya Suzuki berhenti, jangan heran musim depan kita akan melihat Mir dan Rins di paddock Honda.

Baca Juga: Tangan Alex Rins Retak Usai Tabrakan Horor di Catalunya

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya