Tak Cuma Soal Anggaran, Pengiriman Atlet ke SEA Games Tak Asal-asalan

Menpora membantah adanya kekurangan anggaran

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali berkata, pengiriman atlet ke SEA Games 2021 tidak hanya sebatas soal anggaran saja. Menurutnya, keberangkatan kontingen merupakan hasil rekomendasi tim review.

"Jadi ini gak ada urusannya dengan anggaran. Ini adalah urusan prestasi sesuai dengan rekomendasi tim review. Jadi tim review merekomendasikan cabang olahraga mana, nomor mana, atlet siapa yang berangkat. Itu yang akan kita fasilitasi," ujar Zainudin di Kemenpora, Senin (18/4/2022).

1. Indonesia tidak ingin lagi asal memberangkatkan kontingen

Tak Cuma Soal Anggaran, Pengiriman Atlet ke SEA Games Tak Asal-asalan

Zainudin mengungkapkan, sekarang ini Indonesia tidak akan lagi asal memberangkatkan kontingen ke multievent-multievent berskala internasional. Akan ada batasan-batasan yang diberlakukan, tentunya dengan pendampingan dari tim review.

"Jadi kita tidak sekadar memberangkatkan seperti yang sebelumnya tidak ada parameter yang jelas dan saya harus gunakan ukuran-ukuran yang dilakukan tim review. Nanti kita akan ukur VO2MAX dan lain sebagainya," ujar Zainudin.

Baca Juga: Targetkan Perak, Timnas Basket Bawa 12 Pemain ke SEA Games 2021 

2. Menpora yakin pilihan tim review sudah tepat

Tak Cuma Soal Anggaran, Pengiriman Atlet ke SEA Games Tak Asal-asalanMenteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menerima kunjungan Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Atal Sembiring Depari di kantor Kemenpora, lantai 10, Jakarta Pusat, Kamis (10/6). (Dok. Kemenpora)

Lebih lanjut, Zainudin mengatakan bahwa tim review yang diketahui Prof. Asmawi sudah melihat secara detail kans dari atlet dan cabor di SEA Games 2021. Dia juga yakin, tim review tak akan mempertaruhkan kredibilitas mereka selaku akademisi.

"Tim review yang dipimpin prof Asmawi dkk, mereka tidak mungkin mempertaruhkan kredibilitas mereka. Teman-teman KOI dan KONI juga tidak mungkin mempertaruhkan reputasi mereka hanya untuk meloloskan atlet dengan parameter yang tidak jelas,” kata Zainudin.

3. Total 476 atlet dikirim Indonesia ke SEA Games 2021

Tak Cuma Soal Anggaran, Pengiriman Atlet ke SEA Games Tak Asal-asalanKetua Komite Olimpiade Filipina Bambol Tolentino (kanan) menyerahkan bendera SEA Games kepada seorang pejabat Vietnam saat penutupan SEA Games di stadion atletik Clark, Utara Manila 11 Desember 2019. (ANTARA/AFP/TED ALJIBE)

Kemenpora sudah memastikan akan mengirim 476 atlet dari 31 cabor, plus tambahan Timnas Futsal Indonesia ke SEA Games 2021 mendatang. Jumlah ini berkurang 43 persen dari total atlet yang mentas di SEA Games 2019 Filipina.

Pengurangan kontingen ini seiring dengan perubahan paradigma yang tengah diterapkan Kemenpora. Saat Olimpiade-lah yang jadi target utama, dengan SEA Games dan Asian Games sebagai sasaran antara, tak terkecuali SEA Games 2021.

Baca Juga: Perang Rusia-Ukraina Ganggu Persiapan Indonesia ke SEA Games

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya