Terlibat Insiden di Assen, Quartararo: Itu Kesalahan Saya

Quartararo bahkan sampai terjatuh dua kali di MotoGP Belanda

Jakarta, IDN Times - Fabio Quartararo mengalami petaka di MotoGP Belanda. Dalam balapan yang dihelat di Sirkuit Assen, Minggu (26/6/2022) tersebut, dia gagal menyelesaikan balapan. Tidak tanggung-tanggung, dia terjatuh dua kali.

Saat jatuh pertama kali, Quartararo bahkan menabrak Aleix Espargaro, sehingga pembalap Aprilia itu keluar lintasan. Barulah saat insiden jatuh yang kedua, dia terkapar dan akhirnya gagal melanjutkan balapan.

Diwawancarai selepas balapan, Quartararo pun angkat bicara soal insiden tersebut. Secara sadar, dia mengakui bahwa insiden itu murni kesalahan darinya.

1. Kesalahan Quartararo seperti pemula

Terlibat Insiden di Assen, Quartararo: Itu Kesalahan SayaJoan Mir dan Fabio Quartararo (motogp.com)

Quartararo menyebut, kesalahannya dengan menabrak Espargaro adalah kesalahan yang biasa dilakukan pemula. Dia pun menyadari, insiden yang terjadi di Assen adalah murni kekeliruannya, bukan kesalahan Espargaro.

"Kesalahan pembalap pemula. Baru lap ketiga tetapi saya sudah mengendarai motor seolah-olah itu adalah lap terakhir. Insiden di Assen itu benar-benar kesalahan saya," tutur Quartararo, dilansir Crash.

Baca Juga: Quartararo Terjatuh 2 Kali, Bagnaia Kuasai MotoGP Belanda

2. Quartararo sudah meminta maaf pada Espargaro

Terlibat Insiden di Assen, Quartararo: Itu Kesalahan SayaFabio Quartararo (motogp.com)

Selepas balapan, tanpa lama-lama Quartararo langsung menghampiri paddock Aprilia dan meminta maaf. Apalagi, gara-gara kesalahannya ini, Espargaro sempat tercecer ke posisi 15, hingga akhirnya gagal masuk podium di Assen.

"Saya sudah meminta maaf kepada Aprilia dan Aleix (Espargaro), karena membuatnya keluar dari trek. Jujur, dia tetap luar biasa dan menunjukkan pace yang baik saat balapan di Assen kemarin," kata Quartararo.

3. Fabio Quartararo siap belajar dari kesalahan

Terlibat Insiden di Assen, Quartararo: Itu Kesalahan SayaValentino Rossi dan Fabio Quartararo (motogp.com)

Selepas insiden di Assen ini, Quartararo mengaku siap belajar. Apalagi, yang dia lakukan itu adalah kesalahan yang kerap dilakukan pembalap rookie di MotoGP. Alih-alih tenang, dia justru grasa-grusu dan membuat pembalap lain kerepotan.

"Saya sebenarnya bisa menjaga persaingan di papan atas klasemen, tetapi saya malah melakukan kesalahan bodoh. Saya akan belajar dari kesalahan itu. Saya akan berusaha lebih tenang ke depannya," ujar Quartararo.

Meski terkapar di Assen, Fabio Quartararo sejauh ini masih mempertahankan posisinya sebagai pemuncak klasemen pembalap sementara MotoGP 2022. Dia berselisih 21 poin dengan Espargaro yang berada di posisi kedua.

Baca Juga: Punya Rekor Bagus, Fabio Quartararo Siap Taklukkan MotoGP Belanda

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya