Tersingkir dari Olimpiade Tokyo, Alvin Tehupeiory: Saya Minta Maaf

"Saya masih belum fokus."

Jakarta, IDN Times - Alvin Tehupeiory gagal melaju lebih jauh di Olimpiade Tokyo 2020. Menghadapi para sprinter dunia di babak utama nomor 100 meter putri, Jumat (30/7/2021), Alvin belum mampu mempertajam catatan waktunya.

Alvin menempati peringkat delapan di heat 2, dengan catatan waktu 11.92 detik. Catatan ini terpaut satu detik lebih dari juara 100 meter di ajang Olimpiade Rio 2016, Elaine Thompson-Herah. Atlet asal Jamaika itu mencatatkan waktu 10.82 detik, sekaligus jadi yang tercepat.

1. Alvin minta maaf belum bisa memberikan kemenangan

Tersingkir dari Olimpiade Tokyo, Alvin Tehupeiory: Saya Minta MaafSprinter Alvin Tehupeiory di Olimpiade Tokyo 2020. (dok. NOC Indonesia)

Atas hasil kurang memuaskan ini, Alvin yang juga merupakan juara nasional 100 meter tahun 2019 ini pun meminta maaf kepada masyarakat Indonesia. Dia belum bisa memberikan kemenangan di Olimpiade Tokyo 2020. Dia berharap, ke depannya dia bisa lebih baik lagi.

“Kepada masyarakat Indonesia yang selama ini telah mendoakan dan mendukung saya, saya minta maaf karena saya belum bisa memberikan yang terbaik. Semoga ke depannya, saya bisa tampil lebih baik lagi,” ujar Alvin.

Baca Juga: Alvin Tehupeiory Melaju ke Babak Utama Olimpiade Tokyo 2020!

2. Alvin akui sempat tidak fokus

Tersingkir dari Olimpiade Tokyo, Alvin Tehupeiory: Saya Minta MaafSprinter Alvin Tehupeiory di Olimpiade Tokyo 2020. (dok. NOC Indonesia)

Melakukan start dengan baik, Alvin masih mampu mengimbangi hingga 30 meter pertama. Namun, setelah itu, dia mulai tertinggal dan masuk finis di posisi terakhir. Alvin mengatakan minimnya kompetisi saat pandemik cukup berpengaruh pada performanya.

“Saya masih belum fokus. Masih memikirkan yang lain. Selain itu, selama pandemi tidak ada perlombaan sehingga agak kaget karena tidak ada pengalaman berlomba,” ujar Alvin.

3. Pengalaman berharga bagi Alvin

Tersingkir dari Olimpiade Tokyo, Alvin Tehupeiory: Saya Minta MaafSprinter Alvin Tehupeiory di Olimpiade Tokyo 2020. (dok. NOC Indonesia)

Sebelumnya, Alvin ini tidak pernah membayangkan bisa tampil di Olimpiade, apalagi di nomor sprint karena selama ini nomor spesialisasinya adalah 400 meter gawang. Akan tetapi, kemenangan di nomor 100 meter dalam Kejuaraan Atletik Nasional 2019 mengubah kariernya.

Atlet kelahiran Ambon itu pun mulai fokus di nomor sprint 100 meter dan 200 meter. Puncaknya, sekarang Alvin mampu beradu kecepatan melawan Thompson-Herah yang menempati peringkat dua dunia, juga beberapa atlet level dunia lain di babak utama Olimpiade Tokyo 2020.

“Yang pasti senang sekali bisa bertemu langsung dengan Elaine Thompson di Olimpiade Tokyo 2020. Ini jadi pengalaman berharga buat saya, agar ke depan saya bisa tampil lebih baik. Saya bisa melihat cara dia pemanasan, caranya keluar dari starting block, dan bagaimana dia menenangkan diri,” ungkap Alvin Tehupeiory.

Baca Juga: Alvin Tehupeiory Gagal ke Semifinal 100 Meter Putri Olimpiade

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya