Tes MotoGP di Losail Tetap Berlangsung, Ini Penyesuaiannya

Tes shakedown hanya digelar sehari

Jakarta, IDN Times - Pertemuan antara IRTA (Asosiasi Pembalap), Dorna, dan FIM, menyepakati tes MotoGP 2021 di Losail, Qatar, pada awal Maret 2021, tetap bakal digelar. Namun ada beberapa penyesuaian.

Sebelumnya dikabarkan tes MotoGP 2021 yang rencananya bakal digelar di Sepang, Malaysia, urung terlaksana. Pandemik COVID-19, plus penetapan dari raja Malaysia bahwa negara tersebut dalam keadaan darurat nasional, membuat tes di sana harus dibatalkan.

Untuk mengakali hal tersebut, pihak-pihak penyelenggara MotoGP melakukan penyesuaian terhadap tes yang nantinya akan dilaksanakan di Losail tersebut. Berikut adalah penyesuaian-penyesuaian yang mereka lakukan.

1. Tes shakedown dikurangi menjadi sehari

Tes MotoGP di Losail Tetap Berlangsung, Ini Penyesuaiannyamotogp.com

Setelah tes shakedown di Sepang batal terlaksana, maka tes shakedown di Losail pun diharapkan dapat terlaksana. Bagaimanapun, tes ini penting untuk mengetahui kondisi pemrograman motor jelang tes resmi. Selain itu, tes ini juga jadi ajang rookie dan pembalap penguji buat unjuk gigi.

Untuk di Losail nanti, tes shakedown ini bakal terselenggara. Sayangnya, waktu yang disediakan hanya sehari, yakni tanggal 5 Maret. Tes ini dilakukan selepas tim-tim melakukan persiapan pada 3-4 Maret. Waktu tes shakedown yang hanya sehari ini agaknya perlu dimaksimalkan dengan baik oleh tim.

Mereka perlu menentukan pemrograman untuk motor dengan cepat, dengan waktu yang hanya sebentar. Karena, setelahnya, sudah ada tes resmi yang menanti.

Baca Juga: MotoGP: Davide Brivio dan Suzuki Resmi Berpisah

2. Tes resmi masing-masing dua hari

Tes MotoGP di Losail Tetap Berlangsung, Ini Penyesuaiannyamotogp.com

Selepas tim melaksanakan tes shakedown pada tangga 5 Maret, tes akan berlanjut ke sesi tes resmi, masing-masing pada 6-7 Maret, serta 10-12 Maret. Selama empat hari yang sudah disediakan itu, tim-tim kudu mempersiapkan dengan baik motor yang akan digunakan untuk balap nanti.

Apalagi, dengan tes shakedown yang hanya sehari--mestinya berlangsung dua hingga tiga hari--, waktu untuk mempersiapkan motor di ajang MotoGP 2021 jadi makin sedikit.

3. Tes di Sepang mengalami pembatalan

Tes MotoGP di Losail Tetap Berlangsung, Ini Penyesuaiannyamotogp.com

Keadaan darurat nasional yang diumumkan oleh Raja Malaysia Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah membuat tes MotoGP 2021 yang sedianya bakal diadakan di Sepang terpaksa dibatalkan.

Raja Malaysia mengumumkan status keadaan darurat nasional pada Selasa (12/1/2021). Langkah ini diambil untuk membendung penyebaran COVID-19 yang mencapai rekor tertinggi di Malaysia.

"FIM, IRTA (Asosiasi Pembalap MotoGP), dan Dorna Sports dengan berat hati mengumumkan bahwa tes ofisial MotoGP di Sepang terpaksa dibatalkan," demikian tulis IRTA dalam keterangan resminya seperti dilansir GPOne.

Berikut adalah jadwal lengkap dari tes MotoGP 2021 di Losail, Qatar

3-4 Maret: Masa persiapan tim
5 Maret: Tes shakedown, melibatkan rookie dan pembalap penguji
6-7 Maret: Tes resmi
10-12 Maret: Tes resmi

Baca Juga: Malaysia Darurat Nasional, Tes MotoGP di Sepang Dibatalkan

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya