Timnas Basket Indonesia Dipastikan Terjun di FIBA Asia Cup 2021

Indonesia tidak perlu melalui babak play-off

Jakarta, IDN Times - Timnas Basket Indonesia mendapatkan keistimewaan dari FIBA. Mereka dipastikan akan bertanding di FIBA Asia Cup 2021 tanpa harus ikut play-off yang rencananya dihelat pada 12 hingga 14 Agustus 2021 kelak.

Di FIBA Asia Cup 2021 nanti, Indonesia dibebaskan dari play-off karena berstatus sebagai tuan rumah. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Manajer Timnas Basket Indonesia, Fahreza Tamrella.

"Sesuai informasi dari FIBA, Timnas Basket Indonesia tidak perlu melakukan final qualifiers. Jadi kami tidak ikut play-off, langsung FIBA Asia Cup 2021," ujar Fahreza dalam keterangan resminya, Senin (4/7/2021).

Baca Juga: Menilik Persiapan Indonesia Jelang FIBA Asia Cup 2021

1. Skuad Indonesia tetap memeras keringat

Timnas Basket Indonesia Dipastikan Terjun di FIBA Asia Cup 2021IDN Times/Hasudungan

Meski dipastikan tidak ikut play-off, Timnas Basket Indonesia tetap akan memeras keringat sebelum FIBA Asia Cup 2021. Mereka akan menggelar uji coba sebelum play-off mulai. Rencananya, lawan untuk uji coba nanti adalah satu di antara lima negara peserta play-off.

"Diharapkan, Timnas bisa uji tanding dengan negara-negara peserta play-off. Di antara lima negara peserta play-off, mana saja yang memungkinkan untuk hadir di Jakarta lebih dahulu dan ini subjek persetujuan FIBA tentunya," terang Fahreza. 

2. Timnas Basket Indonesia sempat direncanakan ikut play-off

Timnas Basket Indonesia Dipastikan Terjun di FIBA Asia Cup 2021IDN Times/Hasudungan

Sebelumnya, Timnas Basket Indonesia sempat direncanakan ikut play-off karena posisinya di kualifikasi. Di babak tersebut, Indonesia finis di posisi ketiga Grup A.

Sesuai aturan FIBA, ada empat tiket sisa putaran final yang diperebutkan oleh peringkat ketiga dari masing-masing grup. Di play-off, Indonesia rencananya masuk dalam Grup A bersama Guam dan Taiwan.

3. Perbasi minta skuad Timnas tetap fokus

Timnas Basket Indonesia Dipastikan Terjun di FIBA Asia Cup 2021Logo FIBA Asia Cup 2021. (dok. Media FIBA Asia Cup)

Sekjen Perbasi, Nirmala Dewi, meminta para penggawa Timnas untuk tetap fokus kendati tidak ikut play-off. Skuad Indonesia tetap akan mendapat kesempatan menambah jam terbang dengan uji coba melawan tim yang sepadan.

"Jadi tetap semangat, berlatih dengan giat demi bawa bangga Indonesia. Kami yakin Timnas Indonesia bisa memberikan yang terbaik di FIBA Asia Cup 2021 nanti," tutur Nirmala.

Menatap FIBA Asia Cup 2021, skuad Timnas Basket Indonesia sedang mengadakan pemusatan di Breeze, BSD Serpong, Tangerang Selatan. Terbaru, ada pemain yang dipanggil untuk ikut pemusatan latihan. Dia adalah Sandy Ibrahim.

Baca Juga: Indonesia Siap Jawab Tantangan Jadi Tuan Rumah FIBA Asia Cup 2021

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya