Timnas Basket Indonesia Masih Bisa Melangkah Lebih Tinggi

Basket Indonesia punya potensi besar

Jakarta, IDN Times - Penggawa Timnas Basket Indonesia, Andakara Prastawa, berujar bahwa tim basket Merah Putih memiliki potensi yang tidak terbatas. Potensi itu sudah muncul dalam gelaran FIBA Asia Cup 2022 ini.

Berlaga dalam empat pertandingan, skuad Merah Putih mampu bersaing dengan tim-tim basket tradisional Asia macam Yordania, Australia, dan China. Meski gagal ke Piala Dunia Basket 2023, Indonesia masih bisa melangkah lebih tinggi lagi.

"Semuanya masih bisa diasah sampai level yang tidak ada ujungnya. Ke depan, kita harus akselerasi hal itu. Pesan saya juga kepada pemain-pemain muda yang punya cita-cita menjadi pemain top dan bisa bersaing di Asia," ujar Prastawa dalam sesi jumpa pers pada Selasa (19/7/2022).

1. Indonesia punya banyak pemain apik

Timnas Basket Indonesia Masih Bisa Melangkah Lebih TinggiIndonesia vs Australia di FIBA Asia Cup 2022. (Dok. FIBA Asia)

Prastawa juga berujar, Indonesia punya banyak pemain luar biasa macam Derrick Michael, Marques Bolden, Ali Bagir, Aldy Izzatur Rahman, dan Yudha Saputera. Dia yakin, ke depannya para pemain muda ini bisa jadi tulang punggung tim basket Tanah Air.

"Masih banyak pemain muda yang potensinya bisa lebih jauh dari ini. Jadi ini awal baru untuk timnas Indonesia. Ke depan masih ada SEA Games dan Asian Games, jadi kita masih akan bersiap untuk itu ke depannya," tutur Prastawa.

Baca Juga: Pelajaran Berharga Timnas Basket Indonesia di FIBA Asia Cup 2022

2. Bolden senang dengan prospek basket Indonesia

Timnas Basket Indonesia Masih Bisa Melangkah Lebih TinggiFIBA Asia Cup 2022, Indonesia Melawan Jordan (IDN Times/Tata Firza)

Bolden mengaku, dia senang dengan prospek dari tim basket Indonesia. Dia menyebut, Indonesia punya banyak talenta, yang di masa depan bisa membawa basket Indonesia ke level yang lebih tinggi. Dia pun senang bergabung dengan tim basket Indonesia.

"Ini pertama kali saya mewakili Indonesia di Asia. Saya sangat bahagia dengan progres di sini, bukan hanya Timnas, tapi basket Indonesia secara keseluruhan. Banyak talenta yang bisa membantu tim nasional ke depannya menjadi lebih baik," kata Bolden.

3. Indonesia tersingkir di play-off perempat final FIBA Asia Cup 2022

Timnas Basket Indonesia Masih Bisa Melangkah Lebih TinggiIndonesia vs Australia di FIBA Asia Cup 2022. (Dok. FIBA Asia)

Indonesia harus mengubur mimpi mereka tampil di Piala Dunia Basket 2023. Bersua China di play-off perempat final FIBA Asia Cup 2022, tim Merah Putih tumbang dengan skor 58-108. Mereka pun gagal finis di delapan besar Asia, syarat menuju Piala Dunia.

Kendati begitu, banyak potensi menjanjikan yang tampak dari Timnas Basket Indonesia di FIBA Asia Cup 2022 ini. Tentu, potensi ini harus terus diasah, dengan kompetisi yang kompetitif serta pengalaman laga internasional yang banyak.

Baca Juga: Pujian dari China untuk Indonesia di FIBA Asia Cup 2022

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya