Timnas Indonesia Siap Menuju Piala Dunia Basket 2023

Indonesia akan melakoni laga kualifikasi pada Sabtu ini

Jakarta, IDN Times - Timnas Basket Indonesia siap mencetak sejarah dengan tampil di Piala Dunia Basket 2023. Agar bisa melaju ke ajang tersebut, ada dua jalur yang bisa ditempuh oleh Indonesia.

Pertama, Indonesia bisa menempuh jalur kualifikasi Piala Dunia Basket 2023. Kedua, finis di delapan besar FIBA Asia Cup 2021. Indonesia memang sedikit berbeda dengan Jepang dan Filipina yang langsung ke babak utama meski sama-sama berstatus tuan rumah.

Terdekat, Indonesia akan mencoba jalur pertama lebih dulu. Mereka akan tampil dalam Kualifikasi Piala Dunia Basket 2023 di Lebanon. Indonesia akan menghadapi Lebanon dalam laga Grup C kualifikasi di Zouk Mikael Arena, Lebanon, Sabtu (27/11/2021) dini hari WIB.

1. Para pemain dalam kondisi siap tempur

Timnas Indonesia Siap Menuju Piala Dunia Basket 2023Timnas Basket Indonesia berlatih di Lebanon. (dok. Humas Perbasi)

Menatap pertandingan ini nanti, Asisten Pelatih Timnas Basket Indonesia, Wahyu Widayat Jati, mengatakan para pemain dalam kondisi siap tempur. Mereka langsung melakukan aklimatisasi cuaca di Lebanon sejak tiba dari Amerika Serikat pada 24 November 2021.

"Cuacanya seperti di Malang (Jawa Timur). Kalau pagi dan malam dingin. Siang-siang lumayan hangat. Sejauh ini, gak ada masalah dengan cuaca," ungkap Wahyu dalam keterangan resminya.

Baca Juga: 5 Cara Menangkap Bola dalam Basket

2. Lebanon tetap harus diwaspadai

Timnas Indonesia Siap Menuju Piala Dunia Basket 2023Timnas Basket Indonesia berlatih di Lebanon. (dok. Humas Perbasi)

Cacing, sapaan akrab Wahyu Widayat Jati, menyebut Indonesia tetap harus mewaspadai Lebanon. Mereka diperkuat oleh dua bigman dan point guard yang berpostur menjulang. Di posisi point guard ada Ali Mansour dan Jad Khalil. Kemudian ada center Ater Majok dan Mohamed Ali Haidar.

"Kelebihan mereka itu akan menjadi perhatian lebih dari kami. Namun, kami sudah tahu bagaimana menghadapi mereka. Kami harus bisa memanfaatkan kecepatan dan memaksimal akurasi tembakan," ujar Cacing.

3. Indonesia sudah menyiapkan diri di Amerika Serikat

Timnas Indonesia Siap Menuju Piala Dunia Basket 2023Timnas Basket Indonesia berlatih di Lebanon. (dok. Humas Perbasi)

Cacing menyebut, Indonesia sudah berlatih di Las Vegas, Amerika Serikat, untuk menyambut Kualifikasi Piala Dunia Basket 2023. Selama masa pemusatan latihan tersebut, para pemain Indonesia sudah dilatih agar bisa main lebih agresif.

"Kami menyiapkan diri selama latihan di Las Vegas untuk bermain lebih agresif dalam serangan dan pertahanan, sesuai dengan sistem bermain yang sudah dibuat pelatih kepala. Semoga kami punya kesempatan untuk bisa ambil satu game melawan Lebanon," kata Cacing.

Pada jendela pertama Kualifikasi Piala Dunia Basket 2023, Indonesia akan melakoni dua laga lawan Lebanon. Laga pertama dihelat pada Sabtu (27/11/2021) dini hari nanti, lalu lanjut laga kedua pada 29 November. Dua laga ini digelar di Lebanon karena pertimbangan pandemik COVID-19.

Daftar penggawa Timnas Basket Indonesia di laga lawan Lebanon.

1. Juan Laurent Kokodiputra (SG)
2. Hardianus Lakudu (PG)
3. Brandon van Dorn Jawato (SF)
4. Abraham Damar Grahita (SG)
5. Andhakara Prastawa Dhyaksa (PG)
6. Muhammad Sandy Ibrahim Aziz (SG)
7. Kevin Yonas Argadiba Sitorus (PF)
8. Vincent Rivaldi Kosasih (C)
9. Govinda Julian Saputra (SG)
10. Lester Prosper (C)
11. Widyanta Putra Teja (PG)
12. Arki Dikania Wisnu (SF)

Baca Juga: FIBA Asia Cup Resmi Dihelat 12 Hingga 24 Juli 2022

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya