Comscore Tracker

Tips Buat Marc Marquez Biar Juara MotoGP di Musim Depan

Sinergi diperlukan agar Marquez dan Honda bisa juara lagi

Jakarta, IDN Times - Mantan pembalap MotoGP, Mick Doohan, memberikan saran kepada Marc Marquez dan Honda agar bisa bersaing lagi meraih gelar juara. Menurutnya, ada sinergi yang harus dilakukan antara Marquez dan Honda.

Dalam kariernya, Doohan pernah mengalami apa yang Marquez rasakan sekarang. Dia pernah mengalami cedera parah, tetapi mampu bangkit. Pria asal Australia itu pun akhirnya sukses meraih lima gelar juara MotoGP sepanjang kariernya.

Alhasil, Doohan paham betul situasi Marquez sekarang. Dia pun memberikan saran kepada Marquez dan Honda agar bisa kembali kompetitif di musim-musim yang akan datang.

1. Fisik Marquez dan motor Honda masih perlu dibenahi

Tips Buat Marc Marquez Biar Juara MotoGP di Musim Depantwitter.com/marcmarquez93

Doohan melihat, saat ini kondisi fisik Marquez belum pulih sepenuhnya. Pembalap asal Spanyol itu masih berkutat dengan masalah di lengan kanannya. Ditambah, kondisi motor Honda juga sudah tidak senyaman musim-musim sebelumnya. Dua hal inilah yang, menurut Doohan, perlu dibenahi.

"Marc masih belum fit sekarang, dan motor Honda juga tidak sebagus dulu. Dua hal itu harus segera diperbaiki. Marc perlu segera memperbaiki kondisi fisiknya, dan Honda harus mengembalikan performa motornya seperti dulu," ujar Doohan, dilansir GPOne.

Baca Juga: Marc Marquez Dedikasikan Trofi GP Aragon untuk Hugo Milan

2. Doohan percaya Honda dan Marquez masih bisa juara

Tips Buat Marc Marquez Biar Juara MotoGP di Musim Depanmotogp.com

Lebih lanjut, Doohan yakin Honda dan Marquez tetap punya peluang untuk menjuarai MotoGP di musim-musim mendatang. Syaratnya, Honda harus membenahi motor dan Marquez kudu memperbaiki kondisi fisik, terutama lengannya yang kerap jadi masalah.

"Dia masih muda, tetapi saat ini tidak bisa mengendarai motor seperti dulu. Dengan talenta yang dimiliki, plus jika Honda mampu mengembalikan kekuatan motornya, Marquez dan Honda bisa kembali bersaing meraih gelar juara dunia," ungkap Doohan.

3. Raihan Marc Marquez lumayan musim ini

Tips Buat Marc Marquez Biar Juara MotoGP di Musim DepanPembalap dari Repsol Honda Marc Marquez melakukan selebrasi setelah berhasil menjuarai MotoGP Jerman 2021, di Sachsenring, Hohenstein-Ernstthal, Jerman, Minggu (20/6/2021). Ini merupakan podium pertama bagi Marquez setelah kembali dari cedera patah tulang lengan kanan yang dialaminya pada musim lalu dan posisi kedua dan ketiga ditempati Miguel Oliveira (KTM) dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha). ANTARA FOTO/Reuters-Matthias Rietschel.

Terlepas dari kondisi fisik dan motor yang tidak mendukung, raihan Marquez terbilang bagus di musim 2021. Memulai kompetisi dari seri ketiga di Portimao, Portugal, Marquez mampu menembus posisi 10 besar klasemen sementara pembalap MotoGP.

Kini, Marquez bertengger di posisi tujuh, berselisih 14 poin dengan Brad Binder yang ada di posisi keenam. Marquez juga mampu tiga kali naik podium di MotoGP 2021, yakni dua kali posisi pertama di Jerman dan Amerika Serikat, serta satu kali posisi kedua di Aragon.

Baca Juga: Kesempurnaan Marc Marquez di MotoGP Amerika Serikat

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya