Tips IBL Jadi Lebih Semarak, Harus Begini

Helmy ingin IBL 2022 lebih semarak

Jakarta, IDN Times - Salah satu presenter kondang Indonesia, Helmy Yahya, memberi saran kepada Indonesian Basketball League agar bisa menjadi kompetisi yang digemari di Tanah Air. Menurutnya, IBL 2022 harus coba membuka diri pada kemungkinan di luar olahraga.

Dalam acara Workshop Media IBL yang dihelat di FX Sudirman, Kamis (6/1/2022), Helmy mengungkapkan banyak hal yang bisa diolah dari basket. Tidak cuma segi olahraga saja, ada aspek-aspek lain yang sejatinya bisa bikin IBL jadi lebih menarik.

1. IBL bisa mengangkat aspek hobi dan hiburan

Tips IBL Jadi Lebih Semarak, Harus Beginiiblindonesia.com

Helmy mengungkapkan, banyak yang bisa digarap dari IBL. Berkaca dari bagaimana cara NBA mengemas kompetisi, menurutnya ada aspek-aspek lain yang bisa membuat IBL lebih menghibur, di luar aspek olahraga tentunya.

"Banyak yang bisa digarap (dari IBL). Basket itu bukan cuma olahraga saja. Ada entertainment, hobi, sportivitas, fashion, dan dimensi internasional yang bisa digarap. Jangan lupa, gosipnya juga ada," tutur Helmy.

Baca Juga: IBL 2022 Siap Menyambut Hadirnya Penonton di Arena

2. Ada ekosistem yang bisa dibentuk dari IBL

Tips IBL Jadi Lebih Semarak, Harus BeginiVenue IBL 2021. (Dok. IBL)

Dari aspek-aspek yang sudah disebutkan di atas, Helmy menyebut ada ekosistem yang bisa dibentuk. Kolaborasi dari berbagai pihak akan memungkinkan IBL untuk merambah pasar yang lebih luas, melebihi pasar olahraga.

"Ada kolaborasi bisa dibentuk, karena artis juga banyak yang nonton IBL. Ini bisa jadi ekosistem. Ada kompetisinya, tetapi ada juga aspek hiburannya. Jadi, buat pemain, kalau lagi main jangan segan slam dunk. Itu bisa jadi hiburan juga," ujar Helmy.

3. IBL gaet sponsor-sponsor apik untuk musim 2022

Tips IBL Jadi Lebih Semarak, Harus BeginiAcara peresmian IBL 2022. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Merespons tantangan Helmy, untuk musim 2022 mendatang IBL menggaet banyak sponsor prestisius. Ada Tokopedia, Indosat Oredoo, Bank Mandiri, Usee Sports, Greenfields, Royal Sports Medicine Center, dan Emboss Production yang menjadi sponsor IBL.

IBL 2022 akan mulai dihelat pada 15 Januari 2022 mendatang. Ada 16 tim yang akan turut serta, dan mereka bakal bertanding dalam enam seri yang dihelat di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Solo, Surabaya, dan Denpasar.

Baca Juga: Duel Artis di IBL 2022: Raffi Ahmad, Gading Marten, dan Baim Wong

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya