Tokoh Masyarakat Papua Dukung Gelaran PON XX

Masyarakat Papua siap bantu penyelenggaraan PON XX

Jakarta, IDN Times - Beberapa tokoh masyarakat Papua, mulai dari Dewan Adat hingga Majelis Rakyat Papua, mendukung gelaran PON XX yang akan diselenggarakan di wilayahnya pada Oktober 2021 mendatang.

Dukungan ini diberikan dalam kunjungan Kedeputian V Kantor Staf Presiden (KSP) yang mengadakan kunjungan ke Papua, Selasa (6/4/2021). Perwakilan Dewan Adat Papua, Yanto Eluai, menyampaikan masyarakat adat siap mendukung gelaran PON XX.

"Sesuai prinsip 'Yo Yolonggo' dalam bahasa Sentani, yang artinya kepala suku adalah pengayom, pelindung, penjaga bagi siapa saja yang datang ke wilayah adatnya," ujar Yanto dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Selasa (6/4/2021).

Baca Juga: Digelar Sesuai Jadwal, PON Papua Bakal Tiru Sistem Olimpiade

1. Kodam XVII/Cendrawasih siap amankan PON XX

Tokoh Masyarakat Papua Dukung Gelaran PON XXKepala Staf Kepresidenan didampingi Deputi I Kantor Staf Presiden Febry Calvin Tetelepta dan Deputi V Kantor Staf Presiden Jaleswari Pramodhawardani audiensi dengan panitia pelaksana PON Papua di Bina Graha Jakarta, Rabu (31/3). (Dok. Kantor Staf Kepresidenan)

Selain dukungan dari tokoh masyarakat, dukungan untuk PON XX hadir juga dari Kodam XVII/Cendrawasih. Pangdam XVII/Cendrawasih, Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, mengungkapkan pihaknya telah menyiapkan beberapa barak dan rumah yang berada di satuan jajaran Kodam Cendrawasih, wilayah Jayapura, Merauke, dan Timika.

"Selain itu Kodam Cenderawasih juga memberikan dukungan terkait transportasi selama pelaksanaan kegiatan PON," ujar Ignatius.

2. Atlet yang tampil di PON tidak perlu khawatir

Tokoh Masyarakat Papua Dukung Gelaran PON XXAcara Festival Cahaya Papua pada Jumat (31/12/2020) malam. (IDN Times/Dok. PB PON Papua).

Ignatius juga berpesan agar para atlet yang akan berlaga di PON XX tidak perlu khawatir. Kodam XVII/Cendrawasih dan Polda Papua sudah menjamin keamanan gelaran PON XX ini.

"Kepada seluruh atlet yang ada di Indonesia, berlomba dan bertandinglah di Papua tanpa khawatir karena kami akan menjaga serta melindungi setiap individu atlet yang hadir di Papua, mengamankan setiap event yang akan dilaksanakan pada kegiatan PON XX 2021,” ujar Ignatius.

3. KSP salut akan persiapan Papua dalam sambut PON XX

Tokoh Masyarakat Papua Dukung Gelaran PON XXKepala Staf Kepresidenan didampingi Deputi I Kantor Staf Presiden Febry Calvin Tetelepta dan Deputi V Kantor Staf Presiden Jaleswari Pramodhawardani audiensi dengan panitia pelaksana PON Papua di Bina Graha Jakarta, Rabu (31/3). (Dok. Kantor Staf Kepresidenan)

Dalam kunjungannya ke Papua, Jaleswari menyambut baik beberapa perkembangan positif dalam persiapan PON XX ini. Meski begitu, dia juga meminta agar semua pihak tidak lengah dan tetap rutin mengadakan rapat koordinasi.

"PON XX 2021 merupakan kesempatan untuk memperkenalkan luar biasanya Papua kepada kawasan dan dunia. Lebih dari sekedar perhelatan olahraga, PON XX 2021 merupakan acara yang penuh makna bagi Indonesia dan Papua," ujar Jaleswari.

Baca Juga: PON XX, Momen Bagi Papua Tunjukkan Eksistensi pada Dunia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya