Comscore Tracker

Valentino Rossi dan Marc Marquez Dapat Sial di MotoGP Catalunya

Keduanya gagal finis lantaran jatuh

Jakarta, IDN Times - Nasib sial sama-sama menaungi Valentino Rossi dan Marc Marquez di gelaran MotoGP 2021 seri Catalunya. Alih-alih finis, keduanya justru terjerembab dan akhirnya gagal meneruskan balapan.

Seri GP Catalunya ini sendiri dimenangi oleh Miguel Oliveira, diikuti Johann Zarco di posisi kedua dan Jack Miller di posisi ketiga. Fabio Quartararo, pemimpin sementara klasemen pembalap MotoGP 2021, harus rela finis di posisi keenam.

Namun, menarik melihat nasib dari Marquez dan Rossi. Tampak bahwa keduanya kesulitan beradaptasi dengan pembalap lain di GP Catalunya ini, sehingga harus jatuh dan gagal menyelesaikan balapan.

Baca Juga: Doa Kencang Rossi dan Morbidelli di MotoGP Catalunya

1. Marc Marquez sempat melesat, tetapi jatuh lagi

Valentino Rossi dan Marc Marquez Dapat Sial di MotoGP CatalunyaTwitter.com/MotoGP

Marquez mengakui, ia sejatinya menikmati balapan di GP Catalunya ini. Ia bahkan sempat melakukan beberapa overtake dan hampir saja mengenggam posisi lima besar, tepatnya saat balapan memasuki lap keempat.

Namun, seiring berjalannya balapan, Marquez mulai kewalahan meladeni pembalap lain. Alhasil, memasuki lap kedelapan, Marquez terjatuh saat ia sedang berusaha menyusul Aleix Espargaro. Kendati begitu, ia tetap merasa puas.

"Saya akui saya telat dalam mengerem motor. Saat Vinales bisa memperlambat motornya, saya tidak. Saya pun terjatuh. Tentu, saya tidak senang dengan hasil ini, tetapi melihat apa yang sudah saya lakukan dalam tujuh lap awal, saya merasa puas," ujar Marquez, dilansir Crash.

2. Terjatuh di Turn 10, Valentino Rossi kecewa

Valentino Rossi dan Marc Marquez Dapat Sial di MotoGP CatalunyaPixabay.com/Giant Vanco Debei

Lain hal dengan Marquez, Valentino Rossi kecewa atas insiden terjatuhnya dirinya di MotoGP Catalunya ini. Apalagi, dalam sesi latihan bebas dan kualifikasi, Rossi merasa dirinya sudah tampil baik. Ia juga sudah melakukan banyak penyesuaian.

"Ini benar-benar hasil yang memalukan dan ada yang harus kita pahami bersama di sini. Sejak lap pertama, grip dari motor tidak seperti harapan saya. Akhirnya, ada getaran yang terjadi di motor dan saya terjatuh di Turn 10," ujar Rossi.

Baca Juga: Fabio Quartararo, Sang Pembeda di Mata Valentino Rossi

3. Rossi dan Marquez berjanji akan lakukan perbaikan

Valentino Rossi dan Marc Marquez Dapat Sial di MotoGP Catalunyagoogle

Setelah insiden di GP Catalunya ini, Rossi dan Marquez pun berjanji untuk segera melakukan perbaikan di motor mereka. Khusus buat Marquez, ia menyoroti dua masalah dari motor RC123V yang ia kendarai, yaitu soal kurangnya grip serta sistem pengereman yang buruk.

"Ada dua masalah di dua area berbeda yang harus kami atasi. Sistem pengereman kami kurang berjalan baik, dan itu bisa membuat pembalap terjatuh. Selain itu, grip dari motor juga mesti diperbaiki, karena berpengaruh terhadap akselerasi motor," ujar Marquez.

Sedangkan Rossi, ia menyebut akan coba menyesuaikan lagi kondisi ban motornya. Selain itu, sama seperti Marquez, ia juga menyoroti grip dari motornya yang masih tidak terlalu mumpuni.

"Nanti, akan ada tes lagi di Catalunya. Di situ, kami akan coba lagi menyelesaikan masalah di motor kami, salah satunya ban. Kami akan coba ban medium dan mengecek seperti apa efek yang bisa mereka berikan. Kami juga akan coba hal-hal lain," ujar Valentino Rossi.

Baca Juga: Marc Marquez: Honda Itu Motor Pemenang, Susah Dikendalikan!

Topic:

  • Anata Siregar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya