Comscore Tracker

Valentino Rossi: Portimao Adalah Sirkuit yang Sulit

Portimao harus dipelajari terlebih dahulu

Jakarta, IDN Times - Gelaran MotoGP 2021 akan berpindah ke Eropa. Setelah dua sesi dijalani di Asia, kini, sesi ketiga akan dihelat di Portimao, dengan tajuk GP Portugal. Nah, menurut Valentino Rossi, Portimao adalah sirkuit yang unik.

"Sirkuit Portimao itu fantastis, dan berbeda dari yang lain. Namun, sirkuit ini juga sulit. Perlu waktu bagi pebalap buat mempelajarai sirkuit ini dan setiap kali membalap di sini, pebalap akan mendapatkan sesuatu yang baru," ujar Rossi, dilansir Crash.

1. Rossi siap mengakhiri hasil buruk

Valentino Rossi: Portimao Adalah Sirkuit yang Sulitinstagram.com/valeyellow46

Sebelum mentas di Portimao, Rossi mendapatkan hasil buruk di dua seri awal MotoGP 2021. Pada GP Qatar, Rossi finis di peringkat 12. Sedangkan di GP Doha, Rossi meraih hasil yang lebih mengenaskan lagi, yaitu finis di posisi 16.

Nah, Rossi pun berencana untuk melakukan beberapa perbaikan di GP Portimao ini, Salah satu perbaikan yang sudah ia lakukan adalah fiksasi terhadap settingan motor yang ia gunakan di GP Portimao nanti. Ia pun berharap, hasil buruk bakal terhenti di sini.

"Saya harap, kami dapat jadi lebih kuat di GP ketiga ini dan jadi lebih kompetitif. Apalagi, setelah ini GP akan berlanjut di Eropa, banyak sirkuit yang bersahabat dengan saya di Eropa ini. Semoga hasil bagus menyertai kami," ungkap Rossi.

Baca Juga: Rossi Ogah Gigit Jari 2 Kali Gara-gara Ban

2. Rossi siap dibantu oleh Morbidelli

Valentino Rossi: Portimao Adalah Sirkuit yang Sulitinstagram.com/motogp

Dalam upaya menghentikan hasil buruk ini, Rossi akan dibantu oleh rekan setimnya, Franco Morbidelli. Sama seperti Rossi, Morbidelli juga meraih hasil yang kurang memuaskan di dua GP awal.

Morbidelli pun siap membantu Rossi meraih hasil baik di Portimao ini, Salah satunya, ia sudah menyiapkan sesuatu yang kelak setidaknya bakal menolong Rossi menguasai motor, sirkuit, hingga akhirnya balapan nanti. Sekadar informasi, pada musim 2020, Morbidelli masuk podium di Portimao.

"Kami punya data dari musim lalu dan ketika itu saya mampu masuk podium. Semoga dari data itu, kami bisa mempelahari sesuatu untuk mengakhiri hasil buruk di dua seri awal. Kendati begitu, kami juga mesti siap karena setiap balapan beda sensasinya," ujar Morbidelli.

3. Petronas Yamaha raih hasil kurang apik di dua balapan awal

Valentino Rossi: Portimao Adalah Sirkuit yang Sulitmotogp.com

Secara khusus, dibandingkan tim utama, tim pabrikan Petronas Yamaha meraih hasil kurang bagus di dua seri awal MotoGP 2021. Dua pembalap mereka gagal masuk podium, menyusul Maverick Vinales dan Fabio Quartararo yang jadi juara masing-masing di GP Qatar dan GP Doha.

Valentino Rossi hanya mampu finis masing-masing di posisi 12 dan 16. Sementara itu, Morbidelli hanya mampu finis di posisi 21 di GP Qatar, serta posisi tujuh di GP Doha. Perbaikan tentu perlu dilakukan agar Petronas dapat menyamai raihan tim utama, Monster Energy Yamaha.

Baca Juga: Valentino Rossi Digerus Usia, Saatnya Pembalap Muda Tampil

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya