Valentino Rossi Siapkan Perpisahan Manis dengan Yamaha di Portugal 

Valentino Rossi akan tampil sebaik mungkin di GP Portugal 

Jakarta, IDN Times - Gelaran MotoGP Portugal yang akan digelar pada Minggu (22/11/2020) mendatang akan menjadi penampilang terakhir Valentinto Rossi bersama Tim Monster Energy Yamaha.

Sebab, mulai tahun depan, Rossi akan membalap bersama tim satelit Yamaha, yaitu Petronas SRT. Posisi Rossi akan digantikan pebalap muda asal Prancis yang tengah naik daun, Fabio Quartararo.

Rossi percaya bahwa Minggu nanti akan jadi momen yang spesial untuknya dan juga Yamaha. Apalagi, pembalap asal Italia itu sudah membalap cukup lama untuk Yamaha.

"Perjalanan saya bersama Yamaha begitu panjang. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang di Yamaha, terutama atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya setelah saya sempat membalap bersama Ducati," ujar Rossi, dilansir Crash, Jumat (20/11/2020).

1. Perjalanan panjang Rossi bersama Yamaha

Valentino Rossi Siapkan Perpisahan Manis dengan Yamaha di Portugal idntimes.com

Setelah meraih tiga titel juara MotoGP bersama Honda, Rossi bergabung dengan Yamaha pada 2004. Debutnya bersama Yamaha berakhir manis setelah Rossi menyumbangkan gelar MotoGP pada tahun yang sama.

Setelahnya, Rossi kembali menyumbangkan gelar MotoGP untuk Yamaha pada 2005, 2008, dan 2009. Lalu, ia sempat mengalami cedera patah kaki kanan pada 2010 yang membuatnya harus absen dalam banyak balapan.

Sempat menyeberang ke Ducati selama dua tahun, Rossi memutuskan kembali ke Yamaha pada 2013. Sayangnya, di bagian kedua perjalanannya bersama Yamaha ini, Rossi gagal mempersembahkan gelar.

Baca Juga: Joan Mir Lebih Baik dari Valentino Rossi dan Marc Marquez di MotoGP

2. Rossi siapkan perpisahan manis bersama Yamaha

Valentino Rossi Siapkan Perpisahan Manis dengan Yamaha di Portugal Sumber Gambar: sidomi.com

Musim balap 2020 adalah musim yang unik. Pandemik COVID-19 membuat jadwal banyak berubah. Balapan hanya berlangsung 14 kali dengan balapan pertama dimulai pada Juli 2020 di Spanyol.

Kini, musim 2020 telah nyaris berakhir, begitu pula perjalanan Rossi bersama Yamaha. Pembalap asal Italia itu mengaku sudah mempersiapkan perpisahan yang manis bersama tim yang sudah ia bela selama 15 tahun terakhir.

"Saya akan mencoba tampil sekompetitif mungkin. Balapan nanti (di Portugal) adalah balapan terakhir musim ini," ujar Rossi.

"Saya tidak punya target khusus, apalagi posisi saya di klasemen tidak penting, Tetapi, saya akan mencoba tampil sekuat dan secepat mungkin di balapan ini," tambahnya.

3. Musim depan, Rossi akan satu kelas dengan adiknya

Valentino Rossi Siapkan Perpisahan Manis dengan Yamaha di Portugal Instagram

Ada hal menarik yang patut dinantikan musim depan. Rossi akan satu kelas balapan dengan adiknya, Luca Marini. Kini, Marini masih membalap di Moto2 dan memiliki kans untuk juara.

Marini pun sudah berjanji untuk mengalahkan Rossi di atas sirkuit. Pembalap yang kini bergabung di Tim Ducati itu akan memandang Rossi layaknya rival-rival lain yang mesti ia kalahkan.

"Di atas sirkuit, Valentino Rossi akan jadi rival saya, sama seperti pembalap lainnya. Jelas, saya harus tetap berada di depannya," ujar Marini, dilansir Tuttomotoriweb.

Baca Juga: Beda Usia 16 Tahun, 10 Bukti Bucin Valentino Rossi ke Francesca Sofia

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya